Number Sense Siswa Pada Materi Bilangan Pecahan Ditinjau Dari Gaya Kognitif
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anggraini, R., & Hartoyo, A. (2015). Kemampuan Number Sense Siswa Smp Negeri 5 Pontianak Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Pecahan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(12), 1–12. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13036
Babaro, F., Risalah, D., & Sandie. (2021). Number Sense dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(4), 531–541. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v9i4.pp531-541
Basir, M. A. (2015). Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula, 3(1), 106–114. http://research.unissula.ac.id/file/publikasi/211312009/905jurnal_edisi_3_no_1_th_2015.pdf
Damayanti, N. W., Mayangsari, S. N., & Mahadika, L. T. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pada Pecahan. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.21107/edutic.v4i1.3389
Djalil, M., & Hanifah, U. (2016). Number Sense Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, UNNEs, 38–44.
Djalil, M., & Hanifah, U. (2018). NUMBER SENSE SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, February, 38–44. https://www.researchgate.net/publication/322861167_NUMBER_SENSE_SISWA_SMP_DITINJAU_DARI_GAYA_KOGNITIF
Fatimah, A. T., & Wahyudin, W. (2020). Number Sense Siswa Smk Pada Tugas Matematis Berbasis Pertanian. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 133. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3322
Fitri, L., Rachmadwati, L. P. R., Ayati, J. P. R., & Muliawati, N. E. (2019). Analisis Number Sense Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 131. https://doi.org/10.36709/jpm.v10i2.7174
Ghazali, M., Mohamed, R., & Mustafa, Z. (2021). A Systematic Review on The Definition of Children’s Number Sense in the Primary School Years. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(6), 1–12. https://doi.org/10.29333/ejmste/10871
Hidayat, G. W., & Budiarto, M. T. (2014). Profil Kemampuan Number Sense Siswa Kelas VII SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3), 79–87. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/3/article/view/12731
Kholid, M. N., Hamida, P. S., Pradana, L. N., & Maharani, S. (2020). Students‘ critical thinking depends on their cognitive style. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(1), 1045–1049. https://www.researchgate.net/profile/Lingga-Pradana/publication/338789206_Students’_Critical_Thinking_Depends_On_Their_Cognitive_Style/links/5e2a5a44a6fdcc70a14660f3/Students-Critical-Thinking-Depends-On-Their-Cognitive-Style.pdf
Mcintosh, A., J, B., Reys, & Reys, R. E. (1992). A Proposed Framework for Examining Basic Number Sense. JSTOR, 12, 2–8. https://www.jstor.org/stable/40248053
Melinia, T., & Mulyono, B. (2022). Pembelajaran berbasis masalah merupakan sarana utama untuk melakukan pembelajaran matematika ( NCTM , 2000 ). Menurut Maryati ( 2018 ) dengan menggunakan masalah kontekstual sebagai latihan dapat membantu peserta didik selama proses pembelajaran dalam men. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6642
Mufidah, I. (2017). Profil Number Sense Siswa SD pada Materi Pecahan Ditinjau dari Gaya Kognitif Object Imagery, Spatial Imagery dan Verbal. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 208–214. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.9545
Nugraha, M. G., & Awalliyah, S. (2016). ANALISIS GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA. V, 71–76. http://snf-unj.ac.id/kumpulan-prosiding/snf2016/
Nugraha, Y., & Mulhamah, M. (2017). Analisis Kemampuan Number Sense Dalam Pemecahan Masalah Matematika. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 1(1), 54–59. https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.315
Nugroho, A. A., Nizaruddin, N., Dwijayanti, I., & Tristianti, A. (2020). Exploring students’ creative thinking in the use of representations in solving mathematical problems based on cognitive style. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 5(2), 202–217. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v5i2.9983
Reys, R. E., & Yang, D. C. (1998). Relationship between computational performance and number sense among sixth- and eighth-grade students in Taiwan. Journal for Research in Mathematics Education, 29(2), 225–237. https://doi.org/10.2307/749900
Setyaningsih, L., & Ekayanti, A. (2019). Keterampilan Berfikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Kemampuan Number Sense. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 29–40. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.11699
Susanto, H. A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif (D. W. Handayani (ed.); 1st ed.). DEEPUBLISH. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=wxyPDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=pengertian+gaya+kognitif+&ots=7TTVCnoADU&sig=lcJVcO2BDqW8kLMK_XbrYmwp-CU&redir_esc=y#v=onepage&q=pengertian gaya kognitif&f=false
Tonra, W. S. (2016). Pembelajaran number sense untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar pada materi pecahan. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 109–116. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v5i2.233
Wiaya, Y. K. (2018). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Berdasarkan Newman’S Error Analysis (Nea) Ditinjau Dari Gaya Kognitif. 1–14. http://eprints.ums.ac.id/61711/11/NASKAH PUBLIKASI .pdf
Witkin, H. A., Moore, C. A., Goodenough, D., & Cox, P. W. (1977). Field-Dependent and Field-Independent Cognitive Styles and Their Educational Implications. Review of Educational Research, 47(1), 1–64. https://doi.org/10.3102/00346543047001001
Zakiah, N. E. (2017). Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis gaya kognitif untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa. Pedagogy, 2(2), 11–29. doi: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v2i2.700.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i2.7583
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index
Terindek: