KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN WOLFRAMS MATHEMATICA DALAM INJEKSI CARA BERPIKIR KOMPUTASIONAL PADA PROSES PEMODELAN MATEMATIKA

Saiful Marom

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui keefektifan penggunaan wolframs mathematica dalam proses injeksi pemahaman berpikir komputasional pada pemodelan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil matakuliah pemodelan matematika. Pemilihan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Pengambilan data dalam penelitian ini melalui tes. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan deskriptif untuk menggambarkan bagaimana pemahaman mahasiswa mengenai pemahaman berpikir komputasional sebelum dan setelah injeksi berpikir komputasional berbantuan wolframs mathematica, Sedangkan untuk mengetahui keefektifan penggunaan wolframs mathematica digunakan Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon dengan bantuan IBM SPSS Statistics Version 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata skor pemahaman mengenai berpikir komputasional pada saat pretest dan posttest. Pada Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon menunjukkan tidak terjadi penurunan skor saat pretest dan posttest. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan wolframs mathematica efektif terhadap injeksi pemahaman berpikiri komputasional pada mahasiswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Barcelos, T. S., & Silveira, I. F. (2012). Teaching computational thinking in initial series: an analysis of the confluence among mathematics and computer sciences in elementary education and its implications for higher education. 38th Latin America Conference on Informatics, CLEI 2012 - Conference Proceedings. https://doi.org/10.1109/CLEI.2012.6427135

Barr, V., & Stephenson, C. (2011). Bringing computational thinking to K-12: What is involved and what is the role of the computer science education community? ACM Inroads, 2(1), 48–54. https://doi.org/10.1145/1929887.1929905

Bocconi, S., Chioccariello, A., & Earp, J. (2018). The nordic approach to introducing computational thinking and programming in compulsary education. Report Prepared for the Nordic@BETT2018 Steering Group, 42.

Creswell, J. W. (2009). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed (3rd ed.). Pustaka Pelajar.

Fajriadi, D., Priyadi, R., & Rahayu, D. V. (2022). Pengembangan media pembelajaran geogebra book materi dimensi tiga. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 453–466. https://doi.org/doi.org/10.25157/teorema.v7i2.8813

Gamble, A. (2017). Wolfram language for teaching computational thinking to k-12 learners. international. Journal of People-Oriented Programming, 6(1), 50-51. https://doi.org/http://doi.org/10.4018/IJPOP.2017010103

Hsu, T. C., Chang, S. C., & Hung, Y. T. (2018). How to learn and how to teach computational thinking: Suggestions based on a review of the literature. Computers and Education, 126, 296–310. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.07.004

Hu, Y. (2005). Efficient and high quality force-directed graph. 10(1), 37–71. http://yifanhu.net/PUB/graph_draw_small.pdf%0Ahttp://www.mathematica-journal.com/issue/v10i1/contents/graph_draw/graph_draw.pdf

OECD. (2018). PISA 2021 mathematics framework (draft). 2nd draft 32-40. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/pisa-2021-mathematics-framework-draft.pdf

Perbukuan, B. P. dan P. dan. (2021). Keputusan kepala badan penelitian dan pengembangan dan perbukuan nomor 028/h/ku/2021 tentang capaian pembelajaran paud, sd, smp, sma, sdlb, smplb, dan smalb pada program sekolah penggerak. In Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan (pp. 1–822).

Rushkoff, D. (2010). Program or be programmed: ten commands for a digital age (Vol. 2010). http://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=SB474JCHewcC&pgis=1

Soegeng, Y. (2017). Dasar-dasar penelitian : bidang sosial, psikologi, dan pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Tabesh, Y. (2017). Computational thinking: A 21st century skill. Olympiads in Informatics, 11(Special Issue), 65–70. https://doi.org/10.15388/ioi.2017.special.10

Vinayakumar, R. (2018). Fractal geometry: enhancing computational thinking with mit scratch. In 2018 9th International Conference on Computing, Communication and Networking Technologies, ICCCNT 2018. https://doi.org/10.1109/ICCCNT.2018.8494172

Webb, H. C. (2013). Injecting computational thinking into computing activities for middle school girls. August.

Weintrop, D., Beheshti, E., Horn, M., Orton, K., Jona, K., Trouille, L., & Wilensky, U. (2016). Defining computational thinking for mathematics and science classrooms. Journal of Science Education and Technology, 25(1), 127–147. https://doi.org/10.1007/s10956-015-9581-5

Wing, J. M. (2008). Computational thinking and thinking about computing. Philosophical Transactions of the Royal Society A: Mathematical, Physical and Engineering Sciences, 366(1881), 3717–3725. https://doi.org/10.1098/rsta.2008.0118




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i1.7933

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: