EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA DALAM SISTEM PERLADANGAN PADA BUDAYA SUKU DAYAK NANGA MAHAP

Jeni Stefvia, Dewi Risalah, Sandie Sandie, Saiful Bahri, Emi Tipuk Lestari

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil eksplorasi etnomatematika dalam sistem perladangan suku Dayak Nanga Mahap. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian ini mendeskripsikan sistem perladangan yang digunakan suku Dayak Nanga Mahap yang dalam prosesnya memuat konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa pada sistem perladangan suku Dayak Nanga Mahap terdapat konsep matematika yang dapat dijadikan pembelajaran di sekolah sebagai pengetahuan dan pengenalan budaya pada siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arkanudin. (2001). Perubahan sosial peladang berpindah Dayak Ribun Parindu Sanggau Kalimantan Barat. Bandung: Universitas Padjadjaran.

Dosinaeng, W. B. N., Lakapu, M., Jagom, Y. O., & Uskono, I. V. (2020). Etnomatematika pada Lopo Suku Boti dan integrasinya dalam pembelajaran matematika. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 117-132. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3443

Firdaus, B. A. B., Widodo, S. A., Taufiq, I., & Irfan, M. (2020). Studi etnomatematika: aktivitas petani padi Dusun Panggang. Jurnal Derivat, 7(2), 85-92. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.983

Kusuma, D. A. (2019). Peningkatan komunikasi matematis siswa menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika dengan penerapan mozart effect (studi eksperimen terhadap siswa sekolah menengah pertama). Teorema : Teori dan Riset Matematika, 4(1), 65-74. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i1.1954

Lisnani., Zulkardi., Putri, R. I. I., & Somakim. (2020). Etnomatematika: pengenalan bangun datar melalui konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 359–370. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.754

Maran, R. R. (2000). Manusia dan kebudayaan dalam perspektif ilmu budaya dasar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nawawi, H. (2015). Metode penelitian bidang sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Pres.

Patri, S. F. D., & Heswari, S. (2022). Etnomatematika dalam seni anyaman Jambi sebagai sumber pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2705–2714. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1150

Pertiwi, I. J., & Budiarto, M. T. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada gerabah Mlaten. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 438–453. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.257

Prahmana, R. C. I., & D’Ambrosio, U. (2020). Learning geometry and values from patterns: ethnomathematics on the batik patterns of Yogyakarta, Indonesia. Journal on Mathematics Education, 11(3), 439–456. https://doi.org/10.22342/jme.11.3.12949.439-456

Putri, L. I. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang MI. Jurnal Ilmiah PENDIDIKAN DASAR, 4(1), 21-31. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.4.1.%25p

Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi etnomatematika masyarakat Sidoarjo. Ejournal Unnes, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v1n1.p%25p

Shirley, L. (2015). Mathematics of students’culture : a goal of localized ethnomathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 8(2), 316–325.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7935

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: