EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA DALAM SISTEM PERLADANGAN PADA BUDAYA SUKU DAYAK NANGA MAHAP
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arkanudin. (2001). Perubahan sosial peladang berpindah Dayak Ribun Parindu Sanggau Kalimantan Barat. Bandung: Universitas Padjadjaran.
Dosinaeng, W. B. N., Lakapu, M., Jagom, Y. O., & Uskono, I. V. (2020). Etnomatematika pada Lopo Suku Boti dan integrasinya dalam pembelajaran matematika. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 117-132. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3443
Firdaus, B. A. B., Widodo, S. A., Taufiq, I., & Irfan, M. (2020). Studi etnomatematika: aktivitas petani padi Dusun Panggang. Jurnal Derivat, 7(2), 85-92. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.983
Kusuma, D. A. (2019). Peningkatan komunikasi matematis siswa menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika dengan penerapan mozart effect (studi eksperimen terhadap siswa sekolah menengah pertama). Teorema : Teori dan Riset Matematika, 4(1), 65-74. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i1.1954
Lisnani., Zulkardi., Putri, R. I. I., & Somakim. (2020). Etnomatematika: pengenalan bangun datar melalui konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 359–370. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.754
Maran, R. R. (2000). Manusia dan kebudayaan dalam perspektif ilmu budaya dasar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Nawawi, H. (2015). Metode penelitian bidang sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Pres.
Patri, S. F. D., & Heswari, S. (2022). Etnomatematika dalam seni anyaman Jambi sebagai sumber pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2705–2714. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1150
Pertiwi, I. J., & Budiarto, M. T. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada gerabah Mlaten. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 438–453. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.257
Prahmana, R. C. I., & D’Ambrosio, U. (2020). Learning geometry and values from patterns: ethnomathematics on the batik patterns of Yogyakarta, Indonesia. Journal on Mathematics Education, 11(3), 439–456. https://doi.org/10.22342/jme.11.3.12949.439-456
Putri, L. I. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang MI. Jurnal Ilmiah PENDIDIKAN DASAR, 4(1), 21-31. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.4.1.%25p
Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi etnomatematika masyarakat Sidoarjo. Ejournal Unnes, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v1n1.p%25p
Shirley, L. (2015). Mathematics of students’culture : a goal of localized ethnomathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 8(2), 316–325.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7935
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index
Terindek: