PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR ANIME MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF LEARNING PADA MATERI LINGKARAN

Muchtadi Muchtadi, Rahman Haryadi, Melina Sapitri

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku cerita bergambar anime materi lingkaran di kelas VIII MTs Al-huda Mubung yang mencapai kriteria sangat valid dan respon guru dan siswa sangat praktis dan efektif dalam buku ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau RND (research and development) dimana prosedur penelitian menggunakan model Borg and Gall yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data/informasi, desain produk, uji coba penggunaan, revisi produk, produksi massal. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap revisi produk karena keterbatasan waktu, tenaga dan biaya. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari guru dan 29 siswa kelas VIII MTs Al-huda Mubung serta dosen yang menjadi validator media. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengukuran dengan melihat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk yang dihasilkan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media dan materi, angket respon siswa dan guru. Berdasarkan hasil penelitian, tiga validator memperoleh hasil validasi buku cerita bergambar anime dengan persentase rata-rata 88,42%, respon guru dan siswa terhadap buku cerita bergambar anime melalui angket respon sangat praktis dengan persentase rata-rata 88,89%, dan hasil posttest sangat efektif dengan 24 siswa lulus berdasarkan nilai KKM sekolah ≥ 75 dan 5 siswa tidak tuntas atau mencapai persentase 82,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku bergambar anime yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adipta, H., & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan buku cerita bergambar sebagai sumber bacaan siswa sd. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 989–992. Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Jp.V1i5.6337

Handayani, H. (2017). Upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan aktivitas siswa melalui pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw di kelas ii sekolah dasar. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 39-45.

Herianto, A. (2018). Analisis efektivitas, kelebihan dan kekurangan desain model cooperative learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar geografi lingkungan pada mahasiswa program studi pendidikan geografi di pulau Lombok. Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia.

Hazna, M. (2020). Hambatan guru terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual di mts yapi pakem. Skripsi. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ndteint.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024

Kemendikbud. (2018). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 36 tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 59 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 sekolah menengah atas/madrasah aliyah. Permendikbud, 1–12.

Lubis, A. H., & Dasopang, M. D. (2020). Pengembangan buku cerita bergambar berbasis augmented reality untuk mengakomodasi generasi z. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 780-791. Https://Doi.Org/10.17977/Jptpp.V5i6.13613.

Ridwan. (2016). Dasar-dasar statistika. Bandung: Alfabeta.

Rohmah, N. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis buku fabel berkarakter untuk meningkatkan hasil belajar tematik materi bangun datar kelas iv a sd islam as-salam Malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Sowmya, V., Parthipan, V., & Sriram, K, V. (2015). Augmented reality. International Journal Of Applied Engineering Research.

Surya, E., Putri, F. A., & Mukhtar. (2017). Improving mathematical problem-solving ability and self-confidence of high school students through contextual learning model. Journal on Mathematics Education, 8(1), 85–94. https://doi.org/10.22342/jme.8.1.3324.85-94

Tarigan, N. T. (2018). Pengembangan buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat baca siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal curere, 2(2), 141-152. http://dx.doi.org/10.36764/jc.v2i2.157.

Yuliana, Y. (2018). Pengembangan buku cerita bergambar sebagai bahan ajar dalam perkembangan moral anak usia dini taman kanak–kanak islamiyah Desa Tanjung Raja. Disertasi. UIN Raden Intan Lampung.

Zahro'in, A.N.I (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Bentuk Buku Dongeng Fabel Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas II SDN Sidorejo 2 Kecamatan Jabu Malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i1.8203

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: