DESAIN DIDAKTIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

Ika Meika, Risma Berliana, Nenden Suciyati Sartika

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman konsep siswa terhadap materi teorema pythagoras yang bertujuan untuk mengidentifikasi learning obstacle siswa pada materi teorema pythagoras dengan membuat desain didaktis (bahan ajar) berupa modul teorema pythagoras. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode Didactical Design Research (DDR). Metode ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu analisis situasi didaktis sebelum pembelajaran, analisis metapedadidaktik, dan analisis retrospektif. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan melalui tes identifikasi learning obstacle pada materi teorema pythagoras terhadap 25 siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Saketi, terdapat hambatan yang dialami siswa terkait pemahaman konsep diantaranya: 1) hambatan dalam memahami konsep segitiga siku-siku; 2) hambatan dalam menerapkan teorema pythagoras, 3) hambatan dalam menentukan jenis segitiga 4) hambatan dalam memahami tripel pythagoras; dan 5) hambatan dalam menerapkan teorema pythagoras dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi hambatan siswa pada materi teorema pythagoras diperlukan rancangan pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan analisis learning obstacle sehingga menghasilkan desain didaktis hipotesis yang memuat berbagai aktifitas siswa dan prediksi respon siswa beserta dengan antisipasinya serta menghasilkan modul pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain didaktis yang diberikan dapat mengantisipasi kesulitan siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi teorema pythagoras, hal tersebut dapat terlihat dari hasil kerja siswa pada modul.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditya, D. Y., & Solihah, A. (2021). Konsep bangun ruang dengan teori belajar Bruner pada sekolah menengah pertama. SINASIS (Seminar Nasional Sains), 2(1), 188–195. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5337

Irawan, A. (2015). Desain didaktis bahan ajar problem solving pada konsep persamaan linear satu variabel. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Uny 2015, 4, 651–658.

Ismi, N. (2018). Efektivitas pembelajaran matematika melalui teori belajar Bruner pada siswa kelas vii SMP Negeri 26 Makasar. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makasar.

Meika, I., Ramadina, I., Sujana, A., & Mauladaniyati, R. (2021). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran SSCS. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 383-390. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.388

Meika, I., Sujana, A., & Umami, M. R. (2016). Upaya meningkatkan pemahaman konsep matematik dengan model Snowball Throwing pada siswa kelas viii SMP Plus Mathla’Ul Anwar Cibuah. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, I, 21–28. https://doi.org/10.23969/symmetry.v1i1.216

Meika, I., Suryadi, D., & Darhim, D. (2019). Developing a local instruction theory for learning combinations. Infinity Journal, 8(2), 157. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i2.p157-166

Melinia, T., & Mulyono, B. (2022). Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas ix terhadap materi persamaan kuadrat menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(1), 1-12. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6642

Mulyani, E. (2017). Desain didaktis konsep luas daerah trapesium pada pembelajaran matematika sekolah menengah pertama. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(2), 79–87. https://doi.org/10.35706/sjme.v1i2.752

Nopriana, T., Dwi Rosita, C., & Rosita, I. (2018). Desain didaktis konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada pembelajaran matematika SMP. Prosiding SNMPM II, 310–319.

Nugraheni, E. A. (2013). Pengaruh pendekatan PMRI terhadap aktivitas dan pemahaman konsep matematika siswa SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 101–108–108. https://doi.org/10.21831/pg.v8i1.8498

Rifa’i, R., & Sartika, N. S. (2018). Penerapan pembelajaran investigasi kelompok terhadap hasil belajar matematis siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Analisa, 4(1), 198–205. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.1960

Rijal, S. (2016). Efektivitas pembelajaran matematika siswa melalui penerapan teori belajar Bruner. Prosiding Seminar Nasional, 02(1), 489-896.

Sartika, N. S., & Mauladaniyati, R. (2021, December). Analysis of Prospective mathematics teachers’ reading interest through e-book for geometry systems course in new normal era. International Conference on Educational Studies in Mathematics (ICoESM 2021) (pp. 353-359). Atlantis Press.

Sartika, N. S., & Yulita S. R., (2019). Pengembangan model pair check untuk menghindari mind in chaos siswa kelas x terhadap pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.97-104

Sulistiawati, S., Suryadi, D., & Fatimah, S. (2015). Desain didaktis penalaran matematis untuk mengatasi kesulitan belajar siswa SMP pada luas dan volume limas. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 135. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4833

Suryadi, D. (2013). Didactical design research (DDR) dalam pengembangan pembelajaran matematika. Prosiding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika (Vol. 1, pp. 3-12).

Tonra, W. S. (2021). Analisis kesalahan pemahaman konsep matematis siswa SMP pada materi teorema pythagoras. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 192-206. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/3283/0

Yunitasari, I., Sahrudin, A., Kartasasmita, B. G., & Prakoso, T. B. (2019). Pengembangan bahan ajar matematika dengan memanfaatkan program. Journal of Mathematics Learning, 2(2), 1–11. https://doi.org/10.30653/004.201922.41




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i2.8332

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: