PENGEMBANGAN E-MODUL PADA ANDROID MENGGUNAKAN KODULAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA

Syifa Salsabila, Nurul Anriani, Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa

Sari


Kurangnya variasi media pembelajaran dalam proses pembelajaran berakibat rendahnya kemampuan representasi matematis peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-modul pada android menggunakan kodular yang layak, valid, praktis, serta efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cibinong. Berdasarkan hasil analisis data dalam aspek kevalidan yang diperoleh dari uji ahli media dan ahli materi dengan presentase masing-masing 52,5% yang termasuk kedalam kategori cukup valid, dan 77,5% yang termasuk kedalam kategori valid. Aspek kepraktisan diperoleh berdasarkan respon guru dengan presentase sebesar 94,12% yang termasuk ke dalam kategori sangat baik, sedangkan respon siswa diperoleh presentase sebesar 84% yang termasuk kedalam kategori sangat baik. Aspek keefektifan diperoleh berdasarkan skor n-gain sebesar 0,57 dengan klasifikasi sedang, artinya e-modul layak, valid, praktis serta menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi program pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azizah, L. N., Junaedi, I., & Suhito. (2019). Kemampuan representasi matematis ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas x pada pembelajaran matematika dengan model problem based learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 355–365.

Databoks. (2020). Pengguna smartphone diperkirakan mencapai 89% populasi pada-2025. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/15/pengguna-smartphone-diperkirakan- mencapai-89-populasi-pada-2025

Fausih, M., & Danang, T. (2015). Pengembangan media e-modul mata pelajaran produktif pokok bahasan “instalasi jaringan lan (local area network)” untuk siswa kelas xi jurusan teknik komputer jaringan di SMK Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal UNESA, 01(01), 1–9.

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores (Issue Division D).

Kurniawan, P. W. (2012). Pendidikan karakter pola tamansiswa dan pondok pesantren Krapyak Yogyakarta. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Maiyana, E. (2018). Pemanfaatan android dalam perancangan aplikasi kumpulan doa. Jurnal Sains dan Informatika, 4(1), 54–65. https://doi.org/10.22216/jsi.v4i1.3409

NCTM. (2000). Principles and standard for school mathematics. VA: National Academies Press.

Pamungkas, R. A., & Thamrin, H. (2020). Pengembangan media pembelajaran menggunakan kodular pada materi percabangan dan perulangan guna meningkatkan pemahaman siswa. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rahmawati, P. S. (2015). Pengaruh pendekatan problem solving terhadap kemampuan representasi matematis siswa. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rangkuti, A. N. (2013). Representasi matematis. Logaritma, I (02), 1–13.

Setiawan, R. (2020). Rancang bangun media pembelajaran berbasis android tanpa coding semudah menyusun puzzle. Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi, 2(2), 1–7.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan experiental learning pembelajaran matematika MTs materi bangun ruang sisi datar. JRPM: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 1–11.

Ribkyansyah, F. T., Yenni., & Nopitasari, D. (2018). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP pada pokok bahasan statistika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–7.

Triono, A. (2017). Analisis kemampuan representasi matematis siswa kelas vii SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Zulfah, & Rianti, W. (2018). Kemampuan komunikasi matematis peserta didik melalui soal PISA 2015. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i1.8704

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: