Analisis Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Bagi Siswa pada Materi Trigonometri

Dinda Opi Rahmawati, Adang Effendi, Ai Tusi Fatimah

Abstract


Penyusunan instrumen tes harus memenuhi standar agar bisa dijadikan sebagai tolak ukur kemampuan siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana kualitas instrumen tes uji coba kemampuan pemecahan masalah matematis untuk anak SMA pada materi trigonometri berdasarkan tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif yang diperoleh adalah hasil instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif untuk menentukan tingkat kualitas instrumen data empiris sedangkan kualitatif untuk menentukan kategori tingkat validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran instrumen tes. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, untuk validitas diperoleh bahwa semua soal dinyatakan valid. Sedangkan untuk reliabilitas, diperoleh hasil bahwa soal uraian yang diujicobakan tersebut reliabel dengan memperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,64489. Untuk daya pembeda diperoleh hasil analisis yaitu 3 soal dikatakan memiliki daya pembeda yang cukup baik, dan 3 soal dikatakan memiliki daya pembeda yang baik dan untuk tingkat kesukaran, diperoleh hasil analisis bahwa 3 dari 6 soal memiliki tingkat kesukaran sedang, 1 soal memiliki tingkat kesukaran mudah, dan 2 soal diklasifikasikan sebagai soal yang memiliki tingkat kesukaran yang sukar.

Keywords


uji instrumen; analisis kualitas; kemampuan matematis; trigonometri

Full Text:

PDF

References


Agnesti, Y., & Amelia, R. (2020). Analisis kesalahan siswa kelas viii smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi perbandingan ditinjau dari gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 151–162.

Arigiyati, T. ., & Istiqomah.I. (2016). Perbedaan kemampuan pemecahan masalah dengan pembelajaran learning cycle dan konvensional pada mahasiswa prodi pendidikan matematika. Union:Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa smp melalui pembelajaran open ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118.

Polya, G. (1973). How To Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (second). United State: Princeton University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh