INDIKATOR KEMAMPUAN BBERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA PADA ARTIKEL JURNAL NASIONAL

Aulia Nuryanti, Ai Tusi Fatimah

Abstract


Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan kemampuan untuk memecahkan masalah, menciptakan suatu kebaruan yang berbeda dari lainnya, menciptakan solusi serta membuat rencana inovatif dengan mempertimbangkan masalah yang kemungkinan akan timbul dan bagaimana cara mengatasinya sehingga dalam pelaksanaannya dilakukan secara matang. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat indikator kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA yang ditinjau dari artikel-artikel yang dipublikasikan pada jurnal nasional.  Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka atau studi kepustakaan. Terdapat 50 artikel ilmiah dan terakreditasi yang dianalisis mengenai indikator kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA yang digunakan. Adapun hasil analisis menunjukan bahwa sebagian besar peneliti 72% menggunakan empat indikator kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yaitu kelancaran (fluency), kelenturan (flexsibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration).  

Full Text:

PDF

References


Mahmudi, A. (2010). Mengukur kemampuan berpikir kreatif matematika. Manado: Konferensi Nasional Matematika XV.

Nahdi, D. S. (2019). Keterampilan Matematika Di Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 5, No. 2, 133–140.

Piirto, J. (2011). Creativity for 21st Century Skills How to Embed Creativity into the Curriculum. In Sense Publishers (Issue January 2011). http://link.springer.com/chapter/10.1007/978-94-6091-463-8_1

Torrance, P., Ball, O., & Safter, H. T. (1992) Torrance test of creative thinking. Streamlined scoring guide figural A and B. Bensenville Illinois: Scholastic Testing Service, Inc. 4p.

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3, No.2, 227–237. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99. [15 Juni 2021].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh