KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS

Lena Rahmawati, Asep Amam, Adang Effendi

Abstract


 Salah satu kemampuan yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh siswa adalah kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan siswa untuk mengemukakan konsep matematis dalam bentuk bahasa matematis sehingga orang lain memahaminya. Rendahnya kemampuan komunikasi matematis dikarenakan ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi, salah satunya adalah disposisi matematis. Disposisi matematis dapat dikatakan sebagai kesadaran peserta didik dalam mempelajari matematika, sejauh mana peserta didik memiliki sikap positif terhadap matematika saat menyelesaikan permasalahan matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan komunikasi matematis siswa SMP ditinjau dari disposisi matematis pada ketagori tinggi, sedang dan rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kepustakaan dengan mengakaji beberapa artikel yang telah diteliti oleh penelitian terdahulu. Dari berbagai literatur, kajian pustaka dan peneliti terdahulu, hasilnya menunjukkan bahwa semakin tinggi disposisi matematis yang dimiliki siswa maka semakin baik kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah.

Full Text:

PDF

References


Ariyanto, L., Winarti, E. R., & Rizki, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran Model Eliciting Activities dengan Performance Assessment. PRISMA, Prosiding Seminar …, 4, 268–274. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/45049

Arsyad, N., Asdar, & Ramadhani, M. (2021). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa SMP. Issues in Mathematics Education, 5(1), 62–72.

Diningrum, P. R., Azhar, E., & Faradillah, A. (2018). Hubungan Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan. Pendidikan Matematika, 01, 352–364.

Fadillah, N., & Fitraini, D. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self Confidence. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(1), 65–80. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/download/8796/4919

Hamidah, M. T., & Prabawati, M. N. (2019). Analisis Disposisi Matematika Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Statistika Di MTSN 11 Tasikmalaya. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 373–380.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika: Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis (Anna (ed.)). PT Refika Aditama.

Mirzaqon, A. T., & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library. Jurnal BK UNESA, 1–8.

NCTM. (2000). Principles and Standards with The Learning Mathematics From Assesment Materials. NCTM. Inc.

Nurrizbaeni, N., & Zanthy, L. S. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik dan Disposisi Matematik Siswa Mts Nurul Hatta Kelas VII Pada Materi Himpunan. Journal On Education, 01(03), 29–36.

Putri, M. S., Hidayat, W., & Maya, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 525. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p525-530

Putri, V. I. (2016). Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Siswa Kelas VII Pada Model Pembelajaran Treffinger Materi Segiempat. 1–167.

Qodariyah, L., & Hendriana, H. (2015). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematik Siswa Smp Melalui Discovery Learning. Edusentris, 2(3), 241. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i3.177

Rahmawati, N. S., Bernard, M., & Akbar, P. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smk Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Journal On Education, 1(2), 344–352.

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 15. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159

Sormin, M. A., Syahputra, E., Pendidikan, P., Pascasarjana, M., Medan, U. N., Utara, S., Padangsidimpuan, K., & Siswa, D. M. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa melalui Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw di SMP Muhammadiyah Kota Padangsidimpuan. 10(2), 165–180.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh