PERAN PYTHAGORAS DALAM PENGGUNAAN RUMUS SEGITIGA PADA KEMAMPUAN ABTRAKSI MATEMATIS

Sri Solihah, Rochmad Rochmad, Isnarto Isnarto

Abstract


Terdapat empat hal yang mendorong seseorang untuk berfilsafat yaitu rasa ingin tahu, ketidakpuasan, keraguan dan ketakjuban.Adanya kemampuan abstraksi matematik yang rendah adalah kurangnya aktivitas siswa dalam mengenali mengkontruksi suatu objek. Pada penelitian ini membahas mengenai aktivitas siswa dalam mengenali segitiga yang mengelompokkanya dalam panjang sisi, besar sudut, ukuran gambar, posisi gambar dan sebagainya. Untuk pengengelompokan ini maka siswa harus mengetahui dulu panjang sisi dan bagaimana penyelesaian dalam mencari sisi dengan menggunakan teorema pythagoras. Berdasarkan hasil analisis diatas maka peran pythagoras dalam kemampuan mengabstraksi matematika terlihat dari cara mengkontruksi aktivitas siswa dalam Aktivitas mengenali segitiga, dari berbagai model dari segitiga, Pengelompokkan berdasarkan kesamaan-kesamaan yang dimilikinya dari beberapa model segitiga itu. Sedangkan pertimbangan yang digunakan untuk mengelompokkanya adalah panjang sisi, besar sudut, ukuran gambar, posisi gambar dan sebagainya. Untuk pengengelompokan ini maka siswa harus mengetahui dulu panjang sisi dan bagaiman penyelesaian dalam mencari sisi dengan menggunakan berbagai macam cara mengkontruksi teorema pythagoras sesuai dengan permasalahan yang ditanyakan

Full Text:

PDF

References


Afaf, M. (2016). Konstruksi baru untuk tripel pythagoras. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 2(1), 69–78.

Amsal Bakhtiar (2012).Filsafat Ilmu, Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Muhmidayeli, (2011). Filsafat Pendidikan, Bandung: PT Refika Aditama

Ernes, P., Skovsemose, O., Van Bendegem, J.P., Bicudo, M., Miarka, R., Kvasz, L& Moeller, R. (2016) Philosophy of Mathematics Education, Desember 1-26, 1-26. https://doi.org/10.1007/978-3-319-40569-8_1

Ernest, P. (1991). The Philosophy of Mathematic Education (1st ed.). Taylor & Francis e-Library.

Gunawan, H., Pidato Pengukuhan Guru Besar ITB, 2007

Nurgiansah, H. (2020). Filsafat Pendidikan. InPenerbit CV. Pena Persada (1st ed.)

Purnabhakti & Ulfa (2020). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat. 1(1), 11-14.

Puspaningtyas, N. D. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 25-30

Sukardjono. (2000). Filsafat dan Sejarah Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka

Wahana, P. (2008). Menguak Kebenaran Ilmu Pengetahuan Dan Aplikasinya Dalam Kegiatan. Journal Filsafat (3).18. https://doi.org/10.22146/jf.3528


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh