PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Pina Marliana, Yoni Sunaryo, Lala Nailah Zamnah

Abstract


Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah kemampuan kognitif siswa dalam memahami materi pembelajaran yang tertuang dalam mengemukakan gagasan materi matematis sehingga siswa dapat melaksanakan prosedur (algoritma) secara luwes, akurat, efisien dan tepat. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan hasil riset yang telah dipublikasikan. Metode dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan dengan mengkaji 10 artikel yang terdapat pada jurnal sinta 2-6. Berdasarkan hasil analisis artikel terdapat 10 model pembelajaran yang berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, yaitu model pembelajaran problem based learning, model pembelajaran problem posing, model pembelajaran CORE (Connection, Organizing, Reflecting, Extending), model pembelajaran kooperatif think talk write, model pembelajaran connected mathematics project (CMP), model pembelajaran think pair share, model pembelajaran conceptual understanding procedures, model pembelajaran kontekstual, model pembelajaran contextual teaching and learning, dan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Kata Kunci:  Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Asnila, Z., Nurrahmawati, & Deswita, H. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X SMAN 3 Tambusai. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–3.

Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 261–272. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.439

Herawati, O. D. P., Siroj, R., & Basir, D. (2013). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.22342/jpm.4.1.312.

Kurniawan, K., Asnawati, R., & Djalil, A. (2020). Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe TPS terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 9–19.

Putri, D. A., Istihana, I., & Putra, R. W. Y. (2020). Pengaruh Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Berbantuan Modul Desain Didaktis Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 64. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.1652

Rahmani, A., & Sutiawan, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2168

Rosalline, S., Mailizar, M., & Agustina, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connection, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 143. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5283

Rusyda, N. A., & Sari, D. S. (2017). Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Pada Materi Garis Dan Sudut. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1). https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.243

Sari, W. P., Haji, S., & Nirwana. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Conncted Mathematics Project (CMP) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika

Raflesia, 05(01), 103–111. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Utami, D. S., Asnawati, R., & Gunowibowo, P. (2016). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3).

Yusuf, V. H., Sutiarso, S., & Noer, S. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 8–18.

Zulfikar, Kodirun, & Rahmat. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Negeri 4 Tomia. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 8(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh