Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif

Puteri Dewi Anggini, Angra Meta Ruswana, Sri Solihah

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah salah satu keterampilan penting yang harus dikuasai oleh siswa dalam menghadapi tantangan dunia modern yang semakin kompleks. Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan media interaktif dalam pembelajaran matematika telah menarik perhatian sebagai pendekatan yang potensial untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil seleksi artikel dari 25 artikel yang terbit dari tahun 2015-2023 didapatkan 9 artikel bereputasi tentang kemampuan pemecahan masalah matematis dalam pembelajaran berbantuan media interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Artikel ini bertujuan untuk melakukan studi literatur tentang penggunaan media interaktif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Metode kajian literatur digunakan untuk mengumpulkan dan mengevaluasi penelitian-penelitian terdahulu terkait dengan penggunaan media interaktif dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif dapat memberikan berbagai manfaat dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil studi literatur ini dapat menjadi dasar bagi pengembangan pendekatan pembelajaran matematika yang efektif yang memanfaatkan media interaktif sebagai alat bantu yang berharga.

Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Media Pembelajaran; Media Interaktif

Full Text:

PDF

References


Anita, Y., Thahir, A., Komarudin, K., Suherman, S., & Rahmawati, N. D. (2021). Buku Saku Digital Berbasis STEM: Pengembangan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 401–412. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1004

Ariawan, R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Visual Thinking Disertai Aktivitas Quick on the Draw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1193

Asmara, A. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa SMK dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Multimedia Interactive. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), 6(2), 12–22.

Batubara, N. A. (2018). Pengaruh Software Cabri 3D V2 Plus Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Sma. Jurnal Pendidikan Tambusai |, 2(4), 882-889. ISSN:2614-3097.

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2016). Karakteristik Media Pembelajaran Berbasis Komputer. AlphaMath Journal of Mathematics Education, 2(2), 1–11.

Darari, M. B. (2017). Penggunaan Media Adobe Flash Pada Pembelajaran Kesebangunan Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Negeri 7 Medan. Handayani, 7(2 Juni), 33–41.

Emaculata, N. I., Winanto, A., Guru, P., Dasar, S., Kristen, U., & Wacana, S. (2022). Pengembangan Media Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah Kelas 2 SD. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 5.

Kristianto, D., & Rahayu, T. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 939–946.

Mahuda, I., Meilisa, R., & Nasrullah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1745. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3912

Nababan, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan Addie Di Kelas XI SMAN 3 Medan. Jurnal Inspiratif, 6(1), 37–50.

Nasiba, U. (2022). Brankas Rahasia: Media Pembelajaran Numerasi Berbasis Berpikir Komputasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 521–538. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.764

Novia, R., Ramalis, T. R., & Efendi, R. (2019). Pengembangan dan Karakterisasi Tes Keterampilan Berpikir Kritis Materi Tekanan Berdasarkan Teori Respon Butir. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(2), 155–162.

Nst, F. U., Syahputra, E., & Mulyono. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Macromedia Flash Secara Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Siswa SMA Negeri 1 Binjai. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(1), 728–739.

Pramana, T. C. (2016). Pengembangan Media Komik sebagai bahan Ajar IPA materi Hubungan Sumber Daya Alam dengan Lingkungan pada Siswa Kelas IV SD negeri Pondowoharjo Sleman. Repository Universitas PGRI Yogyakarta, 3(2), 11. http://repository.upy.ac.id/157/

Ruswana, A. M. (2017). Penerapan Pembelajaran Peer Instruction With Structured Inquiry (Pisi) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. TEOREMA : Teori dan Riset Matematika, 1(1), 37–48. https://doi.org/10.25157/teorema.v1i1.124

Sakinah, N., & Hendriana, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(1), 225–234. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6922

Sakinah, N., Sinaga, B., & Mariani, M. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model PJBL Berbantuan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3316–3325. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1555

Sattriawan, A., Sutiarso, S., & Rosidin, U. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Terintegrasi Soft Skills dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 950–963.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia, 10(2), 178–187.

Zamnah, L. N. (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Viii Smp Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Teorema, 1(2), 31. https://doi.org/10.25157/.v1i2.549


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh