Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual

Retno Wahyu Eka Pratiwi, Euis Erlin, Ida Nuraida

Abstract


Pembelajaran matematika memiliki tujuan tidak hanya membuat siswa mahir berhitung, namun mampu memecahkan permasalahan-permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu siswa diharapkan mampu memiliki berbagai cara untuk memecahkan suatu permasalahan yang terlah diberikan dengan kreatif. Kemampuan berpikir kreatif matematis termasuk dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi, dan sering kali siswa jarang memberikan beberapa cara pengerjaan karena kurangnya pemberian latihan untuk membiasakan siswa dalam memberikan jawaban yang variatif. Tujuan dari peneltiian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam pembelajaran kontekstual. Metode peneltiian yang digunakan adalah studi literatur mengenai kemampuan berpikir kreatif matematis dalam pembelajaran berbasis masalah. Setelah menemukan beberapa sumber infomasi lalu dianalisis dan disimpulkan. Hasil dari studi literatur menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah terlihat efektif dan menumbuhkan kreatif siswa, selain itu siswa terlihat lebih aktif dalam pembelajaran. Yang berarti pembelajaraan berbasis masalah kontekstual mampu membuat siswa berpikir kreatif saat pembelajaran berlangsung. Dari penelitian ini didapatkan informasi untuk menambah teori pada penelitian mengenai kemampuan berpikir kreatif matematis pada pembelajaran berbasis masalah kontekstual.

Keywords


Kemampuan Berpikir Kreatif; Matematis; Pembelajaran Kontekstual

Full Text:

PDF

References


Ali, H., Sastrodiharjo, I., Saputra, F., Besar, G., Ekonomi, F., Bisnis, D., Bhayangkara, U., & Raya, J. (2022). Pengukuran Organizational Citizenship Behavior: Beban Kerja, Budaya Kerja dan Motivasi (Studi Literature Review). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(1), 83–93. https://greenpub.org/JIM/article/view/16

Amidi, & Zahid, M. Z. (2016). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016, 586–594.

Ekayana, S. D., Hermanto, D., & Affaf, M. (2020). Profil Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Berdasarkan Perbedaan Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(2), 165. https://doi.org/10.25273/jems.v8i2.7605

Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1174

Fitriarosah, N. (2016). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 ~ Universitas Kanjuruhan Malang. Pengembangan Instrumen Berfikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP, 1(1997), 243–250.

Handayani, U. F., Sa’dijah, C., & Susanto, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Adopsi ‘PISA.’ Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(2), 143. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.12109

Hengki Primayana, K. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Perguruan Tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(2), 7. https://doi.org/10.25078/jpm.v1i2.45

Jamil, F., Mukhaiyar, R., & Husnaini, I. (2020). Kajian Literatur Rekonstruksi Mata Kuliah (Studi Kasus Mata Kuliah Pengolahan Sinyal Teknik Elektro UNP). JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 6(2), 198. https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.108742

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166

Nuranggraeni, E., Effendi, K. N. S., & Sutirna, S. S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Kesulitan Belajar Siswa. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(2), 107–114. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.2066

Nuriadin, I., & Perbowo, K. S. (2013). Analisis Korelasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Smp Negeri 3 Lurangung Kuningan Jawa Barat. Infinity Journal, 2(1), 65. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.25

Rochani, S. (2016). Keefektifan pembelajaran matematika berbasis masalah dan penemuan terbimbing ditinjau dari hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 273–283. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.5722

Swandewi, N. L. P., Gita, I. N., & Suarsana, I. M. (2019). Pengaruh Model Quantum Learning Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Elemen, 5(1), 31. https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.932


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh