ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM LINEAR DUA VARIABEL

Sendi Kurniawan, Adang Effendi, Yoni Sunaryo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Kemampuan komunikasi matematis yang diteliti meliputi kemampuan menggambar (drawing), menulis (written Text) dan mengekspresikan matematika (mathematical expression). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa kelas VIII B MTs Al-Kautsar Kota Banjar. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek-1 mempunyai indikator (1) Kemampuan menggambar (drawing) yang kurang baik. (2) Kemampuan menulis (written Text) yang cukup baik. (3) Kemampuan mengekspresikan matematika (mathematical expression) yang baik. Subjek-2 mempunyai indikator (1) Kemampuan menggambar (drawing) yang tidak baik. (2) Kemampuan menulis (written Text) yang baik. (3) Kemampuan mengekspresikan matematika (mathematical expression) yang tidak baik. Sedangkan subjek-3 mempunyai indikator (1) Kemampuan menggambar (drawing) tidak baik. (2) Kemampuan menulis (written Text) kurang baik. (3) Kemampuan mengekspresikan matematika (mathematical expression) subjek masih kurang.

Full Text:

PDF

References


Kosanke, R. M. (2019). keefektifan strategi REACT pada kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII Aspek Komunikasi Matematis. november, 14–32.

Rahmawati, N. S., Bernard, M., & Akbar, P. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smk Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Journal on Education, 1(2), 344-352.

Munandar, D. R. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 1100-1107.

Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Mts N 2 Ciamis. Teorema : Teori Dan Riset Matematika, 1(2), 39. https://doi.org/10.25157/teorema.v1i2.548

Yoni Sunaryo, Stevanus Budi Waluya, Wardono, N. R. D. (2022). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Confidence. 1182–1185.

Rahmawati, L., Effendi, A., & Amam, A. (2022). Hubungan Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Pokok Bahasan Spldv. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(2), 445. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6704

Asnawati, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Gamestournaments. Euclid, 3(2), 561–567. https://doi.org/10.33603/e.v3i2.332

Gumilar, R., & Srigustini, A. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Global Education Journal, 1(3), 163–176. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17783


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh