PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED

Salsa Fitriawati Hendrawan, Lala Nailah Zamnah, Asep Amam

Abstract


Kegiatan pebelajaran yang kurang efektif merupakan salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi bisa dengan mudah menyelesaikan masalahmatematika. Kemampuan berpikir kritis dapat ditingkatkan dengan pembelajaran yang tepat salah satunya open ended yang dimana masalah diamati dari pembelajaran yang terbiasa memiliki banyak jawaban atau banyak cara.Pendekatan open ended bertujuan memberi ruang kepada siswa untuk lebih aktif, mandiri dalam menyelesaikan masalah, dan memberikan kondisi belajar secara aktif. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang diambil dari penelitian terdahulu yang relevan. Sumber studi pustaka berasal dari jurnal terdahulu dengan fokus penelitian yang sama (pendekatan open ended dan kemampuan berpikir kritis). Studi literatur bertujuan untuk menganalisa beberapa usaha yang telah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui pendekatan open ended. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pendekatan open-ended pada pembelajaran matematika efektif dalam menggali pengetahuan siswa dan meningkatkan kemampuan berpikir sehingga pembelajaran yang didesain dapat mendukung siswa untuk sepenuhnya aktif dalam memberikan pendapat atau mengeksplorasikan gagasan atau idenya karena permasalahan yang ditekankan pada pendekatan open-ended yaitu masalah yang sifatnya terbuka sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Open Ended, Studi Literatur

Full Text:

PDF

References


Al Farisi, S., Yuhasriati, & Usman. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pendekatan Open-ended dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Kuta Baro. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 5(2), 121–129.

Amsari, D. (2018). Implikasi Teori Belajar E.Thorndike (Behavioristik) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicedu, 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.168 Ariska. (2020). Pengaruh pendekatan pendekatan open ended terhadap. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 81–95.

Aziz, M., & Tayudi, T. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa melalui Pembelajaran Open-Ended. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(Vol 12 No 2), 45–55.

Br Brahmana, K. (2020). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Problem terhadap Berpikir Kritis Matematis Siswa. Sepren, 2(1), 16.

Fauziyah, L. (2017). Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. 59 Ujmer, 6(1), 59–67.

Fauziyyah, A., Inayah, S., & Suryakancana, U. (2020). Penerapan Pendekatan Open Ended Untuk. Jurnal Pendidikan Matematika Sigma Didaktika, 8, 34–48.

Ikashaum, F., Soeseno, Z. E., & Arsita, F. (2019). Pendekatan Open Ended Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Tadris Matematika. Academia.Edu, 51– 57.

Putri Harahap, R. A., & Hasibuan, E. K. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP Melalui Pendekatan Open- Ended pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 874–888.

Rahmaini, N., & Ogylva Chandra, S. (2024). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 1–8.

Sari, A. N., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi, R. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 20. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.78

Syafitri, O. V., Astuti, R., Firdaus, M., & Matematika, J. P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Basesd Learning Dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Kelas Ix Smp. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(8), 683– 688.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh