EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA PADA INSTALASI HIDROPONIK

Uci Susilawaty, Ai Tusi Fathimah, Euis Erlin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali konsep matematika yang terdapat dalam instalasi hidroponik. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka atau studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep matematika yang terdapat dalam instalasi hidroponik terdapat pada bahan dan bentuk instalasi hidroponik yang memuat unsur-unsur bangun ruang dimensi tiga tabung. Dengan demikian, instalasi hidroponik dapat dijadikan salah satu referensi media pembelajaran matematika yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari.

Full Text:

PDF

References


Adhiyasa, I. K. T., Suweken, G., & Suryawan, I. P. P. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Pbp) Terhadap Pemahaman KonsepMatematika Siswa Kelas X Program Keahlian Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(1), 50– 59. https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2817

Ayuningrum, L., Kusuma, A. P., & Rahmawati, N. K. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemahaman Belajar serta Penyelesaian Masalah Ruang Dimensi Tiga.JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 135. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5277

Ni Wayan Suardiati, P., Kadek, S., Ni Wayan Eka, W., I Wayan Gede, W., Ketut Sepdyana, K., Krisna, & I Nyoman Buda, H. (2021). Pelatihan Pembelajaran Matematika Permulaan Melalui Bercocok Tanam Hidroponik Kepada Guru Paud. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(4), 1272– 1282.

Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab kesulitan belajar geometri dimensi tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18–29. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.16836

Nugraha, A. W. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Desa Sumberdadi dengan

Pelatihan Hidroponik dan Pupuk Organik. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 3(1), 25–32. https://doi.org/10.31284/j.jpp- iptek.2019.v3i1.481

Rizki, M. (2013). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Pemecahan Masalah Matematika Materi Geometri di Kelas IX SMP Patra Mandiri 2 Sungai Gerong. Indralaya:

Wahyu, R., Islam, U., & Rahmat, R. (2018). Implementasi Model Project BasedLearning ( PJBL ) Ditinjau dari Penerapan Implementasi Model Project Based Learning ( PJBL ) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013. Teknoscienza, 1(1), 50–62.

Fatimah, A. T., Adnan, B. A., & Rinaldi, F. B. (2023). Menanam Sayuran Hidroponik dan Organik Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Adiwiyata (Project-basedLearning dengan STEAM-H bagi Peserta Didik SD/MI). http://repository.unigal.ac.id/bitstream handle/123456789/3822/Menanam Sayuran Hidroponik Dan Organik Sebagai Media Pembelajaran Di Sekolah_Ebook.pdf?sequence=1&isAllowed=y


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh