EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA PADA PROYEK BUDIDAYA IKAN DENGAN KOLAM TERPAL DI SMK AGRIBISNIS

Febriani Rahayu, Rifa Rifatul Manjilah, Masripatulloh Masripatulloh, Ai Tusi Fathimah

Abstract


Artikel ini membahas konsep matematika yang digunakan dalam pelaksanaan proyek budidaya ikan dengan kolam terpal. Konsep matematika digali berdasarkan tahapan budidaya ikan di kolam terpal yaitu 1) Perencanaan pembuatan kolam terpal 2) Perakitan kolam terpal 3) Perencanaan pengadaan benih dan pakan 4) Penebaran benih pada kolam terpal 5) Merawat ikan 6) Panen ikan. Budidaya ikan merupakan topik/materi yang dipelajari siswa SMK Agribisnis Perikanan Air Tawar. Penelitian ini menggunakan pendekataan kualitatif untuk menggali informasi tentang konsep matematika pada pembelajaran berbasis proyek budidaya ikan dengan kolam terpal. Berdasarkan dokumen kurikulum dan sumber-sumber terkait topik budidaya ikan dengan kolam terpal diperoleh bahwa konsep matematika yang digunakan pada perencanaan kolam terpal terdiri dari perbandingan dan skala, geometri, dan aritmatika sosial. Konsep matematika pada perakitan kolam terpal terdiri dari geometri dan pengukuran. Konsep matematika pada perencanaan pengadaan benih dan pakan ikan terdiri dari geometri, perbandingan dan proporsi, dan aritmatika sosial. Konsep matematika pada menebar benih ikan di kolam terpal terdiri dari geometri dan bilangan. Konsep matematika pada merawat ikan terdiri dari peluang dan perbandingan.

Keywords


Agribisnis, Budidaya ikan, Konsep matematika

Full Text:

PDF

References


Abas, I. 2023, November 23. Penguatan Disektor Perikanan, Kurangi Pengangguran. Rri.Co.Id. https://www.rri.co.id/daerah/454202/penguatandisektor-perikanan-k...Badan Pusat Statistik. 2023. Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agutus 2023.

Davies, A., Devin, F., & Marina, G. 2011. Future Work Skills 2020. In Institute for the Future forUniversity of Phoenix Research Institute (Vol. 540).

Direktorat Kursus dan Pelatihan. 2023. Pedoman Penerapan Pembelajaran Barbasis Proyek Pada Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha.

Fatimah, A. T., & Amam, A. 2018. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3756

Fatimah, A. T., Isyanto, A. Y., & Toto, T. 2022. Integrator Kontekstual untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Kejuruan Program Agribisnis Perikanan. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–9. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/14215%0Ahttps://ju rnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/download/14215/7372

Febriani, D., & Witoko, P. 2018. Bimbingan Teknis Pembuatan Kolam Terpal Untuk Budidaya Ikan Di Desa Margajaya Kecamatan Metro Kibang Kabupaten Lampung Timur. Prosiding Seminar Nasional Penerapan IPTEKS, 82–89. http://jurnal.polinela.ac.id/index.php/SEMTEKS

Hancock, D. R., & Algozzine, B. 2006. Doing Case Study Research: A Practical Guide for Beginning Researchers. In Teachers College Press. https://doi.org/10.1353/csd.2007.0003

Hartanto, S. 2019. Lean Manufacturing Goes to School Menajamkan Work Skills Siswa SMK. Penerbit CV. SARNU UNTUNG.

Kemendikbudristek BSKAP. 2022. Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 024/H/KR/2022 tentang Konsentrasi Keahlian SMK/MAK Pada Kurikulum Merdeka.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. 2022. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262 Tahun 2022 tentang Perubahan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Pemulihan Pembelajaran. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Republik Indonesia.

Presiden Republik Indonesia. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48 Tinenti, Y. R. 2018. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan penerapannya dalam proses pembelajaran di kelas. Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh