PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MATEMATIS DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Teorema,
(1), 39–41. https://doi.org/10.25157/.v2i1.765.
Anisa, W. N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik
Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Untuk Siswa SMP Negeri Di
Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1).
Arafani, E. L., Herlina, E., & Zanthy, L. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah
Matematik Siswa SMP Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Cendekia : Jurnal
Pendidikan Matematika, 3(2), 323–332. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.112.
Bukhori. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Siswa
Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Sekolah Menengah Pertama.
Medan: Jurnal Tabulara.
Isharyadi, R. (2018). Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Peningkatan
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika
FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(1), 1–23.
Jatisunda, M. G. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp
Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal THEOREMS (The Original
Research of Mathematics), 1(1), 35–44.
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran
Matematika Inovatif), 1(5), 819-826.
Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan
Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1526–1539.
https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.579.
Mulhamah, & Putrawangsa, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Pendidikan Matematika, 10(1), 58–82.
Murnaka, N. P., Anggraini, B., & Surgandini, A. (2019). Efektifitas Pembelajaran Dengan
Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan
Matematika, 5(1), 30–36. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v5i1.144
Mustofa, Z., Susilo, H., Heni, M., & Al Muhdhar, I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem
Based Learning Melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Lesson Study Untuk
Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sma.
Jurnal Pendidikan, 1(2502-471X), 885–889.
National Council Of Teacher Of Mathematics (NCTM). Principles and standars for school
mathematics. Reston,VA. 2000.
PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem
Solving and Financial Literacy. OECD Publishing.
Pramudita, M. D., Ambarwati, L., & Hidajat, F. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Siswa Kelas X SMA Kristen Kasih Kemuliaan pada Materi SPLTV. Journal on Education, 5(4),
– 13788. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2391.
Rahayu, D. V. (2012). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui
Pendekatan Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73–
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v1i2.241.
Riska Afferi Yanti, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching
And Learning) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal
Griya Cendikia, 7(2), 660–669.
Rusman., (2011), Model-Model Pembelajaran, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Setiawan, R. H., & Harta, I. (2014). Pengaruh Pendekatan Open-Ended dan Pendekatan
Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Siswa terhadap
Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 284–295.
Solihah, S., Kartono, Dwijanto, Mariani, S. (2021). Pemahaman Konseptual dan Prosedural
Matematis dalam Pembelajaran Kontekstual. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana,
(1), 85-87.
Sopiany, H. N., & Hijjah, I. S. (2016). Penggunaan Strategi TTW (Think Talk Write) dengan
Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan
Disposisi Matematis Siswa MTsN Rawamerta Karawang. JPPM, 9(2), 268–276.
Suhartini, I.Syahputra, E.Surya, E. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa di MTs
Miftahussalam Medan. Medan. Paradikma.
Suherman, Erman., Turmudi, Suryadi, Didi. (2003). Strategi pembelajaran matematika
kontemporer. Bandung: JICA – UPI.
Sukardi Abbas. (2010). Peningkatan prestasi belajar sains dengan menggunakan pendekatan
kontekstual di SMPN 2 Kota Ternate. Pascasarjana UNY.
Sumarmo, Utari. Berpikir Dan Disposisi Matematik Serta Pembelajaranya. Bandung: UPI. 2013.
Sunaryo, Y., & Fatimah, A. T. (2019). Pendekatan Kontekstual dengan Scaffolding untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 66. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1468.
Timutius, F., Apriliani, N. R., & Bernard, M. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX-G di SMP
Negeri 3 Cimahi dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik pada Materi
Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 305-312.
Tsabitah, N., Amalia, S., & Laviola, P. (2024). Kajian Teori : Pendekatan Pembelajaran Kontekstual
Guna Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, Prosiding
Seminar Nasional Matematika, 4, 324–327.
Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan
Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika,
(2), 166–175. https://doi.org/10.25273/jta.v5i1.4642.
Wiliawanto, W., Bernard, M., Akbar, P., & Sugandi, A. I. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran
Aktif Question Student Have Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik
Siswa SMK. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika,3(1), 139-148.
Yuliani, Y., Destiniar, D., & Jayanti, J. (2024). Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl)
Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AdMathEdu :
Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 4(1), 45.
https://doi.org/10.12928/admathedu.v10i1.14486
Zamnah, L. N. (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Viii Smp Negeri 3
Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Teorema, 1(2), 31–38.
https://doi.org/10.25157/.v1i2.549.
Zakiah, N. E. (2017). Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Gaya Kognitif Untuk
Meningkatkan Self Awareness Siswa. Teorema, 2(1), 11. https://doi.org/10.25157/.v2i1.704
Zein, M. (2016). Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
