PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MATEMATIS DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Firda Yuliani Zahra, Sri Solihah, Yoni Sunaryo

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah adalah suatu potensi yang dimiliki oleh siswa, sehingga siswa dapatmenyelesaikan permasalahan dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuanpemecahan masalah matematis sangat penting dimiliki oleh siswa. Kemampuan tersebut diperlukan siswabaik dalam proses memahami konsep matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari. Pada kenyataannya,tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong rendah. Oleh karena itu, diperlukanpendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaranmatematika. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahanmasalah matematis yaitu pendekatan kontekstual. Dengan pendekatan ini siswa dapat menyelesaikanmasalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dapat meningkatkan kemampuanpemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan mengumpulkanbeberapa sumber berupa artikel, jurnal, dan dokumen lain yang relevan. Hasil studi menunjukkan bahwadengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis.

Keywords


Kemampuan Pemecahan Matematis, Pendekatan Kontekstual

Full Text:

PDF

References


Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Teorema,

(1), 39–41. https://doi.org/10.25157/.v2i1.765.

Anisa, W. N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik

Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Untuk Siswa SMP Negeri Di

Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1).

Arafani, E. L., Herlina, E., & Zanthy, L. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah

Matematik Siswa SMP Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Cendekia : Jurnal

Pendidikan Matematika, 3(2), 323–332. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.112.

Bukhori. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Siswa

Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Sekolah Menengah Pertama.

Medan: Jurnal Tabulara.

Isharyadi, R. (2018). Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Peningkatan

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika

FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(1), 1–23.

Jatisunda, M. G. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp

Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal THEOREMS (The Original

Research of Mathematics), 1(1), 35–44.

Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap

Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran

Matematika Inovatif), 1(5), 819-826.

Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan

Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1526–1539.

https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.579.

Mulhamah, & Putrawangsa, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Pendidikan Matematika, 10(1), 58–82.

Murnaka, N. P., Anggraini, B., & Surgandini, A. (2019). Efektifitas Pembelajaran Dengan

Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan

Matematika, 5(1), 30–36. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v5i1.144

Mustofa, Z., Susilo, H., Heni, M., & Al Muhdhar, I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem

Based Learning Melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Lesson Study Untuk

Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sma.

Jurnal Pendidikan, 1(2502-471X), 885–889.

National Council Of Teacher Of Mathematics (NCTM). Principles and standars for school

mathematics. Reston,VA. 2000.

PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem

Solving and Financial Literacy. OECD Publishing.

Pramudita, M. D., Ambarwati, L., & Hidajat, F. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem

Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Siswa Kelas X SMA Kristen Kasih Kemuliaan pada Materi SPLTV. Journal on Education, 5(4),

– 13788. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2391.

Rahayu, D. V. (2012). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui

Pendekatan Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73–

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v1i2.241.

Riska Afferi Yanti, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching

And Learning) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal

Griya Cendikia, 7(2), 660–669.

Rusman., (2011), Model-Model Pembelajaran, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Setiawan, R. H., & Harta, I. (2014). Pengaruh Pendekatan Open-Ended dan Pendekatan

Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Siswa terhadap

Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 284–295.

Solihah, S., Kartono, Dwijanto, Mariani, S. (2021). Pemahaman Konseptual dan Prosedural

Matematis dalam Pembelajaran Kontekstual. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana,

(1), 85-87.

Sopiany, H. N., & Hijjah, I. S. (2016). Penggunaan Strategi TTW (Think Talk Write) dengan

Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan

Disposisi Matematis Siswa MTsN Rawamerta Karawang. JPPM, 9(2), 268–276.

Suhartini, I.Syahputra, E.Surya, E. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa di MTs

Miftahussalam Medan. Medan. Paradikma.

Suherman, Erman., Turmudi, Suryadi, Didi. (2003). Strategi pembelajaran matematika

kontemporer. Bandung: JICA – UPI.

Sukardi Abbas. (2010). Peningkatan prestasi belajar sains dengan menggunakan pendekatan

kontekstual di SMPN 2 Kota Ternate. Pascasarjana UNY.

Sumarmo, Utari. Berpikir Dan Disposisi Matematik Serta Pembelajaranya. Bandung: UPI. 2013.

Sunaryo, Y., & Fatimah, A. T. (2019). Pendekatan Kontekstual dengan Scaffolding untuk

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 66. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1468.

Timutius, F., Apriliani, N. R., & Bernard, M. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX-G di SMP

Negeri 3 Cimahi dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik pada Materi

Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 305-312.

Tsabitah, N., Amalia, S., & Laviola, P. (2024). Kajian Teori : Pendekatan Pembelajaran Kontekstual

Guna Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, Prosiding

Seminar Nasional Matematika, 4, 324–327.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan

Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika,

(2), 166–175. https://doi.org/10.25273/jta.v5i1.4642.

Wiliawanto, W., Bernard, M., Akbar, P., & Sugandi, A. I. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran

Aktif Question Student Have Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik

Siswa SMK. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika,3(1), 139-148.

Yuliani, Y., Destiniar, D., & Jayanti, J. (2024). Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl)

Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AdMathEdu :

Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 4(1), 45.

https://doi.org/10.12928/admathedu.v10i1.14486

Zamnah, L. N. (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Viii Smp Negeri 3

Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Teorema, 1(2), 31–38.

https://doi.org/10.25157/.v1i2.549.

Zakiah, N. E. (2017). Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Gaya Kognitif Untuk

Meningkatkan Self Awareness Siswa. Teorema, 2(1), 11. https://doi.org/10.25157/.v2i1.704

Zein, M. (2016). Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh