SOAL CERITA BANGUN RUANG DENGAN KONTEKS BUDIDAYA IKAN LELE UNTUK SISWA SMK AGRIBISNIS PERIKANAN AIR TAWAR

Febriani Rahayu, Ai Tusi Fatimah, Nur Eva Zakiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal cerita matematika bangun ruang yang berkonteks budidaya ikan lele. Soal-soal ini dirancang khusus untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Agribisnis Perikanan Air Tawar dengan tujuan mengukur kemampuan penalaran matematis siswa. Penalaran matematis dalam penelitian ini didefinisikan sebagai penalaran kreatif yang mencakup empat indikator utama: kebaruan, fleksibilitas, kemasukakalan, dan argumentasi berdasarkan sifat-sifat matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tahapan analisis, desain, dan pengembangan menghasilkan enam soal matematika bangun ruang yang mengintegrasikan konteks budidaya ikan lele, mulai dari persiapan hingga panen. Implementasi soal dilakukan pada delapan siswa SMK Agribisnis Perikanan Air Tawar. Evaluasi kualitas soal meliputi analisis reliabilitas, validitas, dan indeks kesukaran menggunakan perangkat lunak Anatest Versi 4. Hasil analisis menunjukkan reliabilitas soal sebesar 0,85. Dari enam soal yang diujikan, hanya tiga soal yang memenuhi kriteria validitas. Berdasarkan tingkat kesukaran, satu soal dikategorikan mudah, sementara sisanya tergolong sedang.Kata Kunci: kemampuan penalaran matematis, budidaya ikan lele, konsep matematika.

Keywords


kemampuan penalaran matematis, budidaya ikan lele, konsep matematika.

Full Text:

PDF

References


Arida, S. F., & Ikhsan, M. F. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Desa Sukolilo Pati Terhadap Pengerjaan Soal Berbasis Pembuktian. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 124–131. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.8947

Chairudin, M. (2023). Kajian Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Aspek Aksiologi. Perspektif, 2(5), 364–369. https://jurnal.jkp- bali.com/perspektif/article/view/529%0Ahttps://jurnal.jkp- bali.com/perspektif/article/download/529/189

Gultom, Fi. W., & Roesdiana, L. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Operasi Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan

Matematika Sesiomadika, 2(1),

https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2417

Halik, A. S., Mania, S., & Nur, F. (2019). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah (Uas) Mata

Pelajaran Matematika Pada Tahun Ajaran 2015/2016 Smp Negeri 36 Makassar. Al Asma :

Journal of Islamic Education, 1(1), 11. https://doi.org/10.24252/asma.v1i1.11249

Hanifah, A. N., & Sasongko, A. D. (2019). Hubungan kemampuan penalaran matematis dan motivasi belajar siswa smk melalui model pembelajaran hypnoteaching. 4(September),

–130.

Kadarisma, G., Rosyana, T., & Nurjaman, A. (2019). Pengaruh Minat Belajar Terhadap

Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP. Jurnal Absis, 2(1), 121–128. Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/%0APentingnya Lestari, A. S., Aripin, U., & Hendriana, H. (2018).

Identifikasi_Kesalahan_Siswa_Smp_Dalam_Menyelesaik. 1(4), 493–504.

Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita di SMAN 6 Malang. Pi: Mathematics

Education Journal, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.2003

National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School

Mathematics.

Sary, R. F., Juandi, D., & Jupri, A. (2022). Model Pembelajaran Discovery Learning Dan

Kemampuan Penalaran Matematis. 11(2), 1028–1038.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh