PERAN GURU DALAM MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Annisa Yasfa Azahra, Asep Amam, Ida Nuraida

Abstract


Penelitian ini merupakan studi literatur yang bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa selama penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penulis menelaah dan menganalisis berbagai artikel ilmiah, jurnal, dan dokumen relevan yang membahas peran guru, komunikasi matematis, serta penerapan PBL dalam pembelajaran matematika. Hasil kajian menunjukkan bahwa guru memainkan peran sentral sebagai fasilitator yang mendorong siswa untuk aktif dalam proses berpikir kritis, diskusi kelompok, serta mengungkapkan ide dan solusi secara matematis. Dalam konteks PBL, guru dituntut untuk mampu merancang masalah kontekstual, memandu eksplorasi konsep, dan menciptakan suasana belajar yang kolaboratif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan pengembangan komunikasi matematis siswa sangat bergantung pada kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran berbasis masalah secara efektif. Studi ini juga mendorong pelatihan penguatan kompetensi guru melalui keinginan profesional dalam desain dan implementasi PBL.

Keywords


peran guru, komunikasi matematis, Problem Based Learning, studi literatur.

Full Text:

PDF

References


Andri, J., S B, W., & B, S. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 410–415.

Basarudin. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Muara Beliti. Journal of Mathematics Science and Education, 2(1), 410–415.

Chasanah, C., Riyadi, & Usodo, B. (2020). The effectiveness of learning models on written mathematical communication skills viewed from students’ cognitive styles. European Journal of Educational Research, 9(3), 979–994. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.3.979

Cooke, B. D., & Buchholz, D. (2005). Mathematical Communication in the Classroom: A Teacher Makes a Difference. https://link.springer.com/article/10.1007/s10643-005-0007-5

Hidayati, Abidin, Z., & Ansari, B. I. (2020). Improving students’ mathematical communication skills and learning interest through problem based learning model. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012047

Lukky, F., Kartono., & Supriyadi. (2019). Peran Tutor Feedback dalam Model PBL pada Pencapaian Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 02, 533–539.

NCTM. (2020). NCTM Standards ( 2020 ) – Secondary ( Initial Preparation ). 1–6.

Rafli, M. F., Syahputra, E., & Yusnadi, D. (2018). The Effect of Problem Based Learning Model on Mathematical Communication Skills and Students’ Self-Confidence in Junior High School. 200(Aisteel), 412–417. https://doi.org/10.2991/aisteel-18.2018.89

Rahmah, A. N., Zulkarnain, & Hutapea, N. M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3017–3027. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.373

Sinaga, M. G., Hidayat, H., Sari, D. N., Nasution, A. E., & Syahputri, N. (2024). Penerapan Model Promblem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Journal on Education, 6(4), 21080–21088. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6244

Sunaryo, Y., Waluya, S. B., Dewi, N. R., Wardono, Wijayanti, K., & Walid. (2024). Literatur Review: Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 931. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Surya, E., Syahputra, E., & Juniati, N. (2018). Effect of Problem Based Learning Toward Mathematical Communication Ability and Self-Regulated Learning. Journal of Education and Practice, 9(6), 14–23.

Widia, Y., Kurniawati, K. R. A., Negara, H. R. P., & ... (2024). Analysis of the Teacher’s Role in Facilitating Active Student Engagement in Problem-Based Learning in Mathematics Classrooms. … , and Technology, 550–561. https://journal.ummat.ac.id/index.php/issrectec/article/view/22361


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh