PERMAINAN ULAR TANGGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Nisa Nurul Awaliah, Nur Eva Zakiah, Adang Effendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji permainan ular tangga sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber literatur yang relevan yang membahas penggunaan media permainan ular tangga sebagai media dalam pembelajaran matematika. Hasil kajian menunjukkan bahwa permainan ular tangga sebagai media pembelajaran matematika dapat menciptakan suasana belajar yang interaktif, menyenangkan, meningkatkan motivasi belajar dan keterlibatan siswa, serta mampu merangsang kemampuan berpikir kreatif dalam memahami konsep-konsep dan menyelesaikan masalah matematika.

Keywords


Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Media Pembelajaran, Permainan ular tangga

Full Text:

PDF

References


Adi Putra, D., Dian Ayu Afiani, K., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2021). Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Issue 1). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa

Anjali, S. I., Maula, L. H., Khaleda Nurmeta, I., & Lyesmaya, D. (2024). Else (Elementary School Education Journal) Penerapan Media Ular Tangga Wayang Sukuraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Sekolah Dasar. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd

Effendi, A., Fatimah, A. T., & Amam, A. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Matematika Online Di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2). https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5632

Ferryka, P. Z. (2017). Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.

Indah Suciati. (2021). Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.5

Inawati, A., & Puspasari, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Ular Tangga Berbasis Unity 3D Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP di Smkn 4 Surabaya. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Latjompoh, M., Haris Odja, A., & Toonawu, N. (2021). Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Ular Tangga Pada Materi Energi Dalam Sistem Kehidupan Students’ Creative Thinking Ability Using Cooperative Learning Model Type Teams Games Tournament (TGt) Assisted on Energy Materials in Living Systems. http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpft

Lestari, W. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran MIPA Karakteristik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Mahasiswa (Vol. 9, Issue 1).

Nur Rahmah (2013). Hakikat Pendidikan Matematika Oleh: Nur Rahmah.

Saidah, I. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Suciati, I. (2021). Metode Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan. 4(1), 33–44.

Suyanto, Slamet. (2008). Strategi Pendidikan Anak: Pengenalan dengan Matematika, Sains, Seni, Bahasa dan Pengetahuan Sosial. Y ogyakarta: Penerbit Hikayat.

Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi Project-Based Learning Untuk Mengeksplorasi Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/4194


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh