BORDIR SEBAGAI REPRESENTASI VISUAL KONSEP MATEMATIKA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azizah, L. N., Junaedi, I., & Suhito, S. (2023). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas X pada Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 1-6. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28952
Azzahra, A., Rianti, T. D., & Wandani, R. R. (2024). Analisis Kemampuan Representasi Visual Matematika pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 57–61. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12340
Damayanti, N. W., B, A. H., Yuniarto, E., Ikhwaningrum, D. U., Winarto, B., & Dana, A. J. (2024).
Harosah, H. A. (2014). Pengembangan Bentuk Motif Bordir Kerancang Sisik Dengan Sumber Ide Geometris. Jurnal Online Tata Busana.
Kurniasih, A. W., Wiyanti, D. T., & Zahid, M. Z. (2018). Visualisasi Konsep Matematika dalam Pembelajaran Menggunakan Geogebra. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 796-799. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20369
Kurniawati, R., & Juandi, D. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Representasi Visual Matematis pada Pembelajaran Matematika. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education.
Loita, A., & Husen, W. R. (2019). Variasi Bentuk dan Makna Motif Bordir di Sentra Bordir Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. JPKS.
Merdja, J., & Restianim, V. (2021). Kajian Etnomatematika pada Motif Tenun Ikat Ende Lio. Aksioma.
Muslim, E. Z., Anshor, A. S., & Humairah, E. (2024). Pengaruh Media Visual Tiga Dimensi terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Volume Kubus dan Balok Kelas V SD. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(3), 1752–1767. https://doi.org/10.47467/edu.v4i3.4773
Nuraini, I., Lubis, D. I., & Wandini, R. R. (2024). Analisis Kemampuan Representasi Visual Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2211–2216. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12728
Nursila, R., Saputri, S. N., & Zulkarnain, Z. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Materi Geometri pada Motif Kain Songket Melayu Pontianak. Al-'Adad.
Purnama, R., Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2020). Eksplorasi Etnomatematika dalam Motif Tenun Kain Lunggi Sambas Kalimantan Barat dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Matematika. Variabel.
Putri, D. N., & Soebagyo, J. (2023). Analisis Bibliometrik Terhadap Konsep Matematika Berdasarkan Conceptual Understanding Berbasis VOSviewer. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 92–103. https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i2.3360
Putri, J. K., Fitri, A., Rusliah, N., & Yulia, P. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Motif Batik Incung Kerinci. ARITHMETIC: Academic Journal of Math.
Representasi Visual Siswa pada Penyelesaian Soal Barisan dan Deret. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 46-59. https://doi.org/10.51878/teaching.v4i2.2991
Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika.
Tautan: https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jpm/article/view/49
Setyawati, H., et al. (2023). Systematic Literature Review: Ethnomathematics of Traditional Batik Motifs. Logaritma.
Subekti, F., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2021). Kemampuan Representasi Visual Siswa dalam Memecahkan Masalah Sistem Koordinat Kartesius. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 217-222. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44966
Valentina, F. (2017). Kemampuan Representasi Visual Matematis Siswa Pada Konteks Taman Segitiga Emas Kayuagung. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika). Retrieved from https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/VAL6032
Wahyudi, A., & Marzuki, A. (2020). Seni Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar: Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 4(2), 24–32. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v4i2.48
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
