BORDIR SEBAGAI REPRESENTASI VISUAL KONSEP MATEMATIKA

Rahmat Faisal Fauzi, Nur Eva Zakiah, Sri Sri Solihah

Abstract


Matematika sering dianggap sebagai disiplin ilmu yang abstrak dan sulit dipahami, terutama oleh siswa di tingkat pendidikan dasar. Representasi visual merupakan salah satu pendekatan yang efektif untuk membantu siswa memahami konsep-konsep matematika secara konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana elemen-elemen dalam seni bordir dapat merepresentasikan konsep-konsep matematika secara visual, serta mengeksplorasi potensinya dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bordir tidak hanya ekspresi kreatif, tetapi juga ekspresi sejati dari konsep matematika. Artikel ini membahas hubungan antara prinsip sulaman dan matematika seperti pola, simetri, geometri, dan fraktal. Dalam bordir, pola berulang dan struktur geometris mencerminkan prinsip-prinsip seri dan transformasi, sementara penggunaan simetri menciptakan keseimbangan visual yang harmonis. Selain itu, konsep fraktal memperkaya desain bordir modern dengan kompleksitas reguler. Proses teknis bordir meliputi keterampilan matematika, seperti menghitung jarak, jumlah jahitan, dan persentase warna. Memahami hubungan ini mengungkapkan bahwa sulaman adalah bentuk seni yang bukan hanya estetika tetapi juga struktur logis dan matematika.

Keywords


Matematika, representasi visual, bordir

Full Text:

PDF

References


Azizah, L. N., Junaedi, I., & Suhito, S. (2023). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas X pada Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 1-6. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28952

Azzahra, A., Rianti, T. D., & Wandani, R. R. (2024). Analisis Kemampuan Representasi Visual Matematika pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 57–61. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12340

Damayanti, N. W., B, A. H., Yuniarto, E., Ikhwaningrum, D. U., Winarto, B., & Dana, A. J. (2024).

Harosah, H. A. (2014). Pengembangan Bentuk Motif Bordir Kerancang Sisik Dengan Sumber Ide Geometris. Jurnal Online Tata Busana.

Kurniasih, A. W., Wiyanti, D. T., & Zahid, M. Z. (2018). Visualisasi Konsep Matematika dalam Pembelajaran Menggunakan Geogebra. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 796-799. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20369

Kurniawati, R., & Juandi, D. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Representasi Visual Matematis pada Pembelajaran Matematika. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education.

Loita, A., & Husen, W. R. (2019). Variasi Bentuk dan Makna Motif Bordir di Sentra Bordir Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. JPKS.

Merdja, J., & Restianim, V. (2021). Kajian Etnomatematika pada Motif Tenun Ikat Ende Lio. Aksioma.

Muslim, E. Z., Anshor, A. S., & Humairah, E. (2024). Pengaruh Media Visual Tiga Dimensi terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Volume Kubus dan Balok Kelas V SD. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(3), 1752–1767. https://doi.org/10.47467/edu.v4i3.4773

Nuraini, I., Lubis, D. I., & Wandini, R. R. (2024). Analisis Kemampuan Representasi Visual Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2211–2216. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12728

Nursila, R., Saputri, S. N., & Zulkarnain, Z. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Materi Geometri pada Motif Kain Songket Melayu Pontianak. Al-'Adad.

Purnama, R., Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2020). Eksplorasi Etnomatematika dalam Motif Tenun Kain Lunggi Sambas Kalimantan Barat dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Matematika. Variabel.

Putri, D. N., & Soebagyo, J. (2023). Analisis Bibliometrik Terhadap Konsep Matematika Berdasarkan Conceptual Understanding Berbasis VOSviewer. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 92–103. https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i2.3360

Putri, J. K., Fitri, A., Rusliah, N., & Yulia, P. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Motif Batik Incung Kerinci. ARITHMETIC: Academic Journal of Math.

Representasi Visual Siswa pada Penyelesaian Soal Barisan dan Deret. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 46-59. https://doi.org/10.51878/teaching.v4i2.2991

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika.

Tautan: https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jpm/article/view/49

Setyawati, H., et al. (2023). Systematic Literature Review: Ethnomathematics of Traditional Batik Motifs. Logaritma.

Subekti, F., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2021). Kemampuan Representasi Visual Siswa dalam Memecahkan Masalah Sistem Koordinat Kartesius. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 217-222. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/44966

Valentina, F. (2017). Kemampuan Representasi Visual Matematis Siswa Pada Konteks Taman Segitiga Emas Kayuagung. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika). Retrieved from https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/VAL6032

Wahyudi, A., & Marzuki, A. (2020). Seni Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar: Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 4(2), 24–32. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v4i2.48


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh