ANALISIS KUALITAS SOAL KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG

Nuni Nurhabibah, Yoni Sunaryo, Angra Meta Ruswana

Abstract


Kualitas soal merupakan faktor krusial dalam pendidikan matematika, khususnya dalam mengukur kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian ini menganalisis kualitas soal kemampuan literasi matematis siswa pada materi bangun ruang. Analisis dilakukan terhadap 8 soal yang telah diujicobakan kepada 17 siswa kelas 8 di SMP Negeri 3 Rajadesa. Kualitas soal dinilai berdasarkan validitas isi, validitas konstruk, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa 87,5% soal memenuhi kriteria kualitas yang telah ditetapkan, sementara 12,5% soal perlu direvisi. Temuan ini memberikan dampak penting bagi pengembangan soal literasi matematis yang lebih baik dan valid untuk mengukur kemampuan siswa dalam materi bangun ruang.

Keywords


Kemampuan Literasi matematis, Bangun Ruang, Kualitas Soal

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, Y. N., Zakiah, N. E., & Zamnah, L. N. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 4(1), 198. https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8898

Awalyah, S., Nuraida, I., & Sunaryo, Y. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Dilihat Dari Perspektif Gender. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(1), 71. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6697

Chasanah, A. N., As’ari, A. R., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 9(2), 107–115. https://doi.org/10.21831/jpms.v9i2.31642

Fatonah, S. U. H., & Nur, I. R. D. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 9(2), 106–116.

Isnaniah, I., Imamuddin, M., Charles, C., Syahrul, S., & Zulmuqim, Z. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Gender. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 1(2), 131. https://doi.org/10.30983/lattice.v1i2.5088

Juniansyah, J., Mariyam, M., & Buyung, B. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1167–1181. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2224

Kadir, A. (2015). Dan Reliabel (. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 70–81.

OECD. (2012). Literacy, Numeracy and Problem Solving in Technology-Rich Environments. In Literacy, Numeracy and Problem Solving in Technology-Rich Environments. https://doi.org/10.1787/9789264128859-en

Oktaviani, R., Fatimah, A. T., & Nuraida, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Dalam Penyelesaian Soal Matematika Berbasis Cerita. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(2), 433. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6698

Qudsi, S. R., Effendi, A., & Solihah, S. (2024). Model Problem Based Learnin Berbantuan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2), 338–346. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v2i2.2563

Sunaryo, Y., Nuraida, I., & Zakiah, N. E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Tipe Traditional Clasess-Real Workshop Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Ditinjau Dari Self-Confidence Siswa. Teorema, 2(2), 93. https://doi.org/10.25157/.v2i2.1071

Sundayana, R. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh