ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA KONTEKSTUAL MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Cica Siti Nazrotul Alawiyyah, Lala Nailah Zamnah, Angra Meta Ruswana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita konstekstual pada materi aritmatika sosial berdasarkan tingkat kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan dalam mengekspresikan ide matematikanya melalui bahasa, notasi atau simbol matematika sehingga mampu memahami, menginterpretasikan, menggambarkan hubungan dan menyelesaikan masalah konstektual ke dalam model matematika dan mampu menyelesaikan persoalan dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis berupa 3 butir soal esai serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi indikator yang digunakan dengan baik dan jelas, siswa dengan kemampuan sedang hampir memenuhi indikator yang digunakan namun masih mengalami kesulitan dalam menyusun argumen matematis yang lengkap, sedangkan siswa dengan kemampuan rendah kurang dalam karena memenuhi indikator masih cenderung kesulitan memahami makna soal, kurang tepat dalam menggunakan simbol matematika, dan belum mampu mengkomunikasikan ide secara jelas.

Keywords


Kemampuan Komunikasi, Soal Cerita Kontekstual, Aritmatika Sosial

Full Text:

PDF

References


Dianti, A. P., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas Iv Sd Negeri Petir 4 Kota Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 16–24. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.44

Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.15770

Jumiati, Y., Permaganti, B., & Zanethy, L. S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Edudikara, 2(2), 3–5.

Kosanke, R. M. (2019). keefektifan strategi REACT pada kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII Aspek Komunikasi Matematis. november, 14–32

Lutvaidah, U., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Ketelitian Membaca Soal Cerita terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 179. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.4189

Ma’rifah, C., Sa’dijah, C., Subanji, S., & Nusantara, T. (2020). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 43–56

Marniati, M., Jahring, J., & Jumriani, J. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 880–890. https://doi.org/10.24127/1jpm/v10i2.3523

Rismen, S., Mardiyah, A., & Puspita, E. M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 263–274. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.609

Sari, S. M., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa ditinjau dari Self-Concept. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 71–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.22717

Shodiqin, A., Waluya, S. B., Rochmad, & Wardono. (2020). Mathematics communication ability in statistica materials based on reflective cognitive style. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012090

Siregar, E. R., & -, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Matriks Kelas Xi Smk Negeri 1 Stabat Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Matematika, 12(1), 19–25. https://doi.org/10.37755/jsm.v12i1.263

Sutini, S. (2019). Kemampuan Metakognitif dan Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 4(1), 32–47. https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.1.32-47

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36

Zamnah, L. N., & Ruswana, A. M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Self-Directed Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(2), 52. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i2.698

Zulkarnain, I., Kusumawati, E., & Mawaddah, S. (2021). Mathematical communication skills of students in mathematics learning using discovery learning model. Journal of Physics: Conference Series, 1760(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012045


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh