Kajian Literatur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP: Indikator Kefasihan, Fleksibilitas, dan Kebaruan di Abad 21

Emy Sohilait, Masnia Masnia, Mila Karmila Sidik

Abstract


Penelitian ini mengkaji kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP dengan mempertimbangkan pengaruh gaya kognitif, gaya belajar, faktor pembelajaran, motivasi, serta strategi pembelajaran yang relevan dalam konteks pembelajaran abad 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kognitif (Field Dependent dan Field Independent) dan gaya belajar (visual, kinestetik, auditori) berperan signifikan dalam menentukan tingkat kreativitas matematis siswa, di mana siswa dengan gaya belajar visual dan kinestetik cenderung memiliki kemampuan berpikir kreatif lebih tinggi dibandingkan gaya belajar auditori. Tingkat kreativitas siswa bervariasi dari kurang hingga sangat kreatif, dengan kemandirian belajar sebagai faktor penting yang berkorelasi positif terhadap kreativitas. Faktor pembelajaran dan motivasi belajar juga terbukti meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, khususnya melalui penggunaan media pembelajaran visual. Indikator utama kemampuan berpikir kreatif matematis meliputi kefasihan (fluency), fleksibilitas (flexibility), dan kebaruan (originality) dalam menyelesaikan masalah matematika. Namun, secara umum kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP masih rendah, terutama pada siswa dengan kemampuan matematika sedang dan rendah yang hanya menunjukkan indikator kefasihan. Strategi pembelajaran yang efektif meliputi Brain-Based Learning dengan teknologi seperti Geogebra, pembiasaan berpikir kreatif, pemberian soal terbuka dan soal tingkat kesulitan tinggi, serta pendekatan yang mendorong imajinasi dan inovasi siswa. Pembelajaran abad 21 yang menekankan kompetensi berpikir tingkat tinggi sangat relevan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi strategi pembelajaran inovatif dan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran matematika untuk meningkatkan kreativitas siswa.

Keywords


kemampuan berpikir kreatif matematis, fleksibilitas, kebaruan, kefasihan, abad 21.

Full Text:

PDF

References


Akma, H. N., & Faiziyah, N. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Menyelesaikan Open-Ended Problem Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3444–3459.

Ansari, B. I., & Abdullah, R. (2020). Higher-order-thinking skill (HOTS) bagi kaum milenial melalui inovasi pembelajaran matematika. IRDH Book Publisher.

Apriliyani, Z., Istihapsari, V., & Istiandaru, A. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp ditinjau dari kemandirian belajar. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 6(1), 58–77.

Arda, F. N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis tingkat kemampuan berpikir kreatif matematika siswa SMA Negeri 1 Ciruas Kota Serang pada materi geometri. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 270–279.

Arifin, B., & Mu’id, A. (2024). Pengembangan kurikulum berbasis keterampilan dalam menghadapi tuntutan kompetensi abad 21. DAARUS TSAQOFAH Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin, 1(2), 118–128.

Asdi, S., Ma’rup, M., & Mahmud, R. S. (2022). DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA GAYA BELAJAR VISUAL DALAM MENYELESAIAKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) PADA SISWA SMP. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 2(3), 49–62.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Hariyono, H., Andrini, V. S., Tumober, R. T., Suhirman, L., & Safitri, F. (2024). Perkembangan Peserta Didik: Teori dan Implementasi Perkembangan Peserta Didik pada Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hidayah, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Aplikasi Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VII MTs Tholabudin Masin. UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Hormadia, I., & Putra, A. (2021). Systematic literature review: kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika. Didactical Mathematics, 3(1), 1–7.

Ismara, L. (2017). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal open ended di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(9).

Khairunnisa, A., Juandi, D., & Gozali, S. M. (2022). Systematic literature review: Kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Jurnal Cendekia, 6(2), 1846–1856.

Laksono, D., & Sania Effendi, K. N. (2021). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP DI KABUPATEN KARAWANG PADA MATERI BANGUN DATAR. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 507–516.

Majid, M., Gumilangit, F., & Achmad, N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan di SMP Negeri 3 Gorontalo. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(2), 476–485.

Muda, F. M., Uskono, I. V, Jagom, Y. O., Lakapu, M., & Leton, S. I. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN DATAR. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 4(1), 23–29.

Prihatiningsih, M., & Ratu, N. (2020). Analisis tingkat berpikir kreatif siswa ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Jurnal Cendekia, 4(1), 353–364.

Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan praktik model pembelajaran berdiferensiasi implementasi kurikulum merdeka belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65.

Rafiqoh, S. (2020). Arah kecenderungan dan isu dalam pembelajaran matematika sesuai pembelajaran abad 21 untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1), 58–73.

Rosadi, A., Haryani, S., & Hidayah, I. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Basicedu, 6(6), 9898–9907.

Sohilait, E. (2021). Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 35–41.

Trisanti, Y., Saleh, H., & Subaidi, A. (2025). Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Mengajukan Masalah SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Kognitif. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 6(1), 38–48.

Umar, W., & Nadra, W. S. (2020). Membangun Budaya Habits of Mind Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. PEDAGOGIK, 6(1).

Wadi, H., Suharta, G. P., Widiana, I. W., Lasmawan, I. W., & Junaidi, E. (2025). Kurikulum Merdeka Sosiologi: Analisis Penerapan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2), 1713–1720.

Wahusna, Z., & Kurniati, N. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Teorema Pythagoras Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Taliwang Tahun Pelajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 1002–1021.

Wahyuni, D., Antoro, B., & Amalia, M. M. (2025). Teknik Pengembangan Tes Berpikir Kreatif Dalam Pendidikan Menengah. Deepublish.

Widyastuti, T., Supandi, S., & Harun, L. (2021). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada model pembelajaran problem posing dengan pendekatan open ended berbasis soal cerita. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(3), 234–246.

Wijaya, A. J., Pujiastuti, H., & Hendrayana, A. (2022). Tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open ended. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 108–122.

Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi project-based learning untuk mengeksplorasi kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 285–293.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh