UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MANAJEMEN KELAS MELALUI SUPERVISI ADMINISTRASI KELAS DI SD NEGERI KEBONSARI I KOTA CILEGON

Nunung Hanurawati

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam manajemen kelas melalui supervisi administrasi kelas di SD Negeri Kebonsari I Kota Cilegon. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan dalam 2 siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan panduan wawancara. Setelah dilakukan perlakuan meliputi supervisi administrasi kelas oleh kepala sekolah yang dibantu oleh 2 orang guru, kompetensi pedagogik guru mengalami peningkatan, hal ini ditunjukan dengan hasil kinerja dalam melakukan pengelolaan kelas, interaksi dan bentuk tanggung jawab baik secara individu maupun kepada siswa. Kemampuan manajemen manajemen kelas mengalami peningkatan dari 55,98 % menjadi 68,14 %. Dapat disimpulkan bahwa supervisi administrasi kelas dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam manajemen kelas.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi.2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Burhanuddin. (2007). Supervisi Pendidikan. Jakarta: Ciawi Jaya.

Dharma, Surya. (2008). Metode dan Teknik Supervisi. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Penilaian Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.Harahap,

Indrafachrudi, Soekarto. (2006). Bagaimana Memimpin Sekolah yang Efektif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Manullang. 2005. Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta : UGM University Press.

Mukhtar dan Iskandar.2009. Orientasi Supervisi Pendidikan. Jakarta : GPP Press

Mulyasa, Enco. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaka Rosdakarya Offset.

Nawawi, Hadari. 2006. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi.Yogyakarta: Gadjah Mada University

Oliva, P.F. & Pawlas G.E. 2004. Supervision for Today’s Schools. 7th Edition. New Jersey: Wiley Publishing.

Pidarta, Made. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta

Press Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Jakarta: Depdiknas.

Purwanto, Ngalim. (2005). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaka Rosdakarya Offset.

Purwanto, M. Ngalim. 1987. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2007. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-karyawan dan peneliti muda. Bandung: Alfabeta.

Sahertian, Piet A. 2000. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Saiful Bahri, Supervisi Akademik...ISSN 2086 – 1397 Volume V Nomor 1. Januari – Juni 2014 | 112

Tim Dosen Administrasi Pendidikan. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Willis, S. S. (2014). Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: CV Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.10187

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.