PERBEDAAN KONSEP FITRAH DENGAN NATIVISME, EMPIRISME DAN KONVERGENSI

Merinda Nur Oktafia, Alief Budiyono

Sari


Semua manusia terlahir dalam keadaan fitrah. Fitrah merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan manusia sebagai dasar untuk mengenal potensi yang ada dalam diri manusia. Artikel ini bertujuan untuk memahami bagaimana konsep fitrah serta perbedaan konsep fitrah dengan tiga aliran dalam pendidikan yaitu nativisme, empirisme, dan konvergensi. Artikel ini menjelaskan perbedaan konsep fitrah dengan nativisme yaitu bukan hanya keturunan tetapi juga faktor ekternal (lingkungan). Perbedaan fitrah dengan empirisme yaitu bukan hanya lingkungan tetapi hal-hal mendaar atau potensi juga berpengaruh. Serta perbedaan konsep fitrah dengan konvergensi yaitu bukan hanya lingkungan dan keturunan tetapi juga ada potensi tauhid dalam diri manusia.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fauziyah, Siti. (2017). Konsep Fitrah dan Bedanya dari Nativisme, Empirisme, dan Konvergensi. Jurnal Aqlania Vol. 08 No.01 (Januari-Juni) ISSN:2087-8613.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hasan, Chaldijah . (1904). Dimensi-dimensi Psikologi Pendidikan. Surabaya: al-Ikhlas.

Langgulung, Hasan. (1994). Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam. Bandung: PT. al-Maarif.

Miftahuddin, (2019). Konsep Konvergensi dalam Pendidikan Islam. Jurnal Dirasat, Vol. 14, No. 01.

Nadirah, Siti. (2013). Anak Didik Perspektif Nativisme, Empirisme, Dan Konvergensi. Lentera Pendidikan, Vol.16, No. 2, Desember.

Prastowo, Andi. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-ruzzmedia

Raharjo, Dawam. (1996). Ensklopedi Al Quran Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-Konsep Kunci. Jakarta: Paramadina.

Roni, H.Syahroni Ma’shum dan Hinggil Permana, (2022). Analisis Aliran-Aliran Pemikiran Dalam Pendidikan Islam. Al I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 9 pNo.1, Februari.

Shihab, Quraish . (1996). Membumikan AlQuran. Bandung: Mizan.

Zed, Mestika. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.10799

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.