KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA ANAK TUNAGRAHITA

Triyani Noor Wadilah, Nur Eva Zakiah, Yoni Sunaryo

Sari


 Siswa Tunagrahita adalah satu dari anak berkebutuhan khusus (ABK) yang memiliki kondisi kecerdasan di bawah rata-rata, karena itu siswa tunagrahita memiliki banyak hambatan dalam berinteraksi sosial, dalam konsentrasi dan cenderung tidak percaya diri. Matematika merupakan mata pelajaran yang perlu diberikan bagi siswa tunagrahita ringan, hal ini karena matematika secara sadar ataupun tidak selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pembelajaran kemampuan anak tunagrahita cenderung berbeda setiap anak seusianya apalagi dalam kemampuan matematika. Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan siswa dalam menyampaikan ide matematika baik secara lisan maupun tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa  Tunagrahita  pada materi operasi hitung perkalian dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode yang digunakan adalah study kasus. Instrumen  pengumpulan data meliputi tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Penelitian ini mengacu pada 3 indikator yaitu (1) written text; (2) drawing; (3) mathematical expressions.Objek dalam penelitian yaitu Kemampuan Komunikasi matematis pada siswa kelas VIII Tunagrahita ringan di  SLB  Putra Mandiri Kawunganten yang berada di Kabupaten Cilacap berjumlah 5 siswa.   Selanjutnya data dianalisis berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis diproleh hasil : Aspek Menulis (written text) sebagian siswa mampu menjelaskan permasalahan soal kedalam tulisan berdasarkan ide mereka masing-masing, Aspek Menggambar (drawing) dalam aspek menggambar semua siswa tunagrahita ringan mampu mengilustrasikan soal  kedalam bentuk gambar dengan ide dan pengetahuan  mereka masing-masing.Aspek Ekspresi Matematika (mathematical expressions) pada aspek ini dapat dilihat bahwa kemampuan menyatakan masalah kedalam model matematika pada siswa tunagrahita sebagian siswa mampu menyatakan masalah sehari-hari kedalam model atau bahasa matematika dengan cara mereka masing-masing Hal tersebut dilihat dari hasil tes tertulis dan wawancara.                               Kata Kunci: Siswa tunagrahita, kemampuan komunikasi, operasi hitung perkalian.     

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, Marzuki, & Dwi Putria Nasution. 2018. “Analisis Kualitatif kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik.” Jurnal Gantang 3(2): 83–95.

Ampofo, Adomako, Akosua. 2000. “Information to users umi.” Dissertation.

Ari, Muhammad. 2019. “Verifikasi Data.” Journal of chemical information and modeling 53(9): 1689–99.

Astutik, Rahayu. 2014. “Pengaruh pembelajaran game berbasis komputer terhadap hasil belajar matematika penjumlahan anak autis ringan di sdn klampis ngasem 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus: 1–5.

Azka, Dea Alvionita, Cecil Hiltrimartin, dan Indrayanti. 2016. “Pembelajaran operasi perkalian melalui permainan tepuk bergambar pada siswa tunagrahita ringan di YPAC Palembang.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 5(1): 26–32. http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa/article/view/mv5n1_4/186.

Budur Anufia dan Thalha Alhamid Ekonomi Islam, dan Sekolah. 1375. Resume: instrumen pengumpulan data.

Dulisanti, Reza. 2015. “Penerimaan Sosial Dalam Proses Pendidikan Inklusif (Studi Kasus Pada Proses Pendidikan Inklusif Di Smk Negeri 2 Malang).” Indonesian Journal of Disability Studies (IJDS) 2(1): 52–60.

Eberl, K. et al. 1991. “Symmetry properties of short period (001) Si/Ge superlattices.” Superlattices and Microstructures 9(1): 31–33.

Fatimah, Clara et al. 2021. “Analisis kesulitas siswa sekolah menengah pertama dalam mempelajari operasi perkalian.” 1(3): 1–11.

Febri, Wati Eka. 2019. “Bimbingan anak tunagrahita dalam meningkatkan belajar Di Slb Dharma Bhakti Kemiling Bandar Lampung.” : 104.

Gabe, Rossa Turpuk. 2008. “Anak Tunagrahita.” Gejala Arsitektur Sekolah: 6–12.

Goldman, Ian. and Pabari, Mine. 2021. Analisis pembelajaran matematika di sekolah luar biasa negeri kota jember.

Gunawan, Imam. 2015. Studi Kasus (Case Study). Universitas Negeri Malang.

Hanrahmawan, Fitroh. 2010. Revitalisasi Manajemen Pelatihan Tenaga Kerja (Studi Kasus Pada Balai Latihan Kerja Industri Makassar). Jurnal Administrasi Publik, Volume 1 No. 1.

Hartati, Sri. 2009. “Media pembelajaran permainan kartu untuk meningkatkan prestasi belajar matematika bagi anak tuna grahita kelas d1 / c slb / b?c ypaalb langenharjo tahun ajaran 2008/2009.

Hendra, Jhoni. 2012. “Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan dengan Pembelajaran Matematika Realistik pada Anak Tunagrahita Sedang.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus 1(2): 213–25.

Heryan, Umaedi, dan Zamzaili Zamzaili. 2018. “Meningkatkan kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 3(1): 55–66. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr.

Ii, B A B, dan Pengertian Matematika. 2019. “Shilfi Arisandi, 2019 deskripsi kesulitan siswa dalam memecahkan masalah pada materi operasi hitung perkalian Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu.”

Iii, B A B, dan A Pendekatan Penelitian. 2014. “10410029 Bab 3.” : 32–42.

Kantari, Mega Ade. 2016. “Meningkatkan kemampuan berhitung perkalian melalui Metode Jarimatika Siswa Kelas II Semester 2 SDN 40 Ampenan Tahun Pelajaran 2015/2016.” : 1–16.

Mar’atus, Sholikhah et al. 2018. “Kemampuan komunikasi matematis siswa tunagrahita ringan smalb-c negeri jember dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan aljabar menggunakan alat peraga kertas aljabar.” KadikmA 9(2): 98–107.

Wantah, Maria. 2007. Pengembangan Kemandirian Anak Tunagrahita Mampu Latih. Jakarta: Depdiknas

Mukti, Galuh Wahyuning, dan Universitas Muhammadiyah Jember. 2018. Analisis proses berfikir siswa autis dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari komunikasi matematis tulis di slb negeri jember.

Ningtyas, Eva Margaretha Retno Sabtu. 2017. “Modifikasi Perilaku agresif anak tunalaras kelas iv dengan metode token economy di sdlbn sungai malang amuntai.” Jurnal Disabilitas 1(1): 55–61.

Sari, Siti Fatimah Mutia, Binahayati Binahayati, Dan Budi Muhammad Taftazani. 2017. “Pendidikan bagi anak tuna grahita (studi kasus tunagrahita sedang di Slb N Purwakarta).” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 4(2): 217–22.

Senjaya, Aan Juhana, Sudirman, dan Putri SW Erly. 2017. “Analisis gaya belajar siswa tunagrahita ringan.” Journal of Medives Journal of Mathematics Education IKIP 1(1): 1–8. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika.

Suwendra, I Wayan. 2018. NilaCakra Publishing House, Bandung Metodologi penelitian kualitatif dalam ilmu sosial, pendidikan, kebudayaan, dan keagamaan. yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf.

Utami, Anita Dewi, Imam Sujadi, dan Riyadi. 2014. “Strategi guru dalam membelajarkan matematika pada materi lingkaran kepada anak tunagrahita.” Jurnal Elektronik Pembelejaran Matematika 2(8): 853–64.

Viki, Viki Fitria, dan Isnaini Handayani. 2020. “Kemampuan Komunikasi matematis berdasarkan self-efficacy.” Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 4(1): 189–202.

Wijaya, Henri Putra Imam, Imam Sujadi, dan Riadi. 2016. “Kemampuan komunikasi matematis siswa sesuai dengan gender dalam pemecahan masalah pada materi balok dan kubus (studi kasus pada siswa smp kelas Viii Smp Islam Al-Azhar 29 Semarang).” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 4(9): 778–88. http://jurnal.fkip.uns.ac.id.

Yin. 2013. “Metode Penelitian.” Jenis Penelitian Penelitian: 47–57.

Yin, Robert K. 1994. Case study research. Thousand Oaks, London, New Delhi: SAGE Publications.

Zakiah, N. E. (2020). Level kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran matematika berdasarkan gaya kognitif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 132-147. doi: https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.30458.

Zakiah, N. E., & Fajriadi, D. (2020). Management of authentic assessment in mathematics lessons to develop 4C skills. J. Phys.: Conf. Ser. 1613 012050. doi:10.1088/1742-6596/1613/1/012050.

Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2020). Collaboration and communication skills of pre-service mathematics teacher in designing project assignments. J. Phys.: Conf. Ser. 1657 012073. doi:10.1088/1742-6596/1657/1/012073




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i3.11247

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.