IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) MENGGUNAKAN POLA ARGUMENTASI TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA

Shindy Nurfadillah, Lia Yulisma, Endang Hardi

Sari


Dalam Permendikbud No. 103 Tahun 2014 karakteristik pembelajaran dilaksanakan berbasis aktivitas salah satunya yaitu harus menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, kolaboratif serta kreatif. Kurikulum 2013 edisi revisi menekankan bahwa model pembelajaran yang paling efektif salah satunya Project Based Learning. Sesuai dengan tuntutan belajar abad-21 salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik adalah kemampuan berargumentasi (Skill Communication). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) menggunakan pola argumentasi terhadap kemampuan analisis Siswa SMP pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2023 di kelas IX.I SMP Negeri 1 Cikoneng. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Experimental), dengan pengambilan data yang dilakukan menggunakan cara Purposive Sampling. Desain penelitian menggunakan One group pretest-postest design. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa test tulis dengan jumlah 5 soal essay. Data hasil penelitian ini dianalisis secara statistik menggunakan uji N-Gain, uji normalitas, dan uji hipotesis menggunakan uji Z. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan analisis siswa dinilai diperolehnya Zhitung £ Zdaftar  atau pada taraf kepercayaan 1% (α = 0,01) yaitu 2,33 ≤ 2,5 , dan pada taraf kepercayaan 5% (α = 0,05) yaitu 1,65 ≤ 2,5 , berada pada penerimaan hipotesis yang artinya H0 ditolak . Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan terhadap implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) menggunakan pola argumentasi terhadap kemampuan analisis Siswa SMP pada mata pelajaran IPA. Kata kunci : Kemampuan analisis siswa, Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Pola argumentasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto.S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Defni. S. Dkk. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berargumen Ilmiah Peserta Didik Terintegrasi Isu Sosio-Saintifik dalam Pembelajaran Biologi. 2 (1) : 2809 - 6711.

Dewina, S., dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Kemampuan Menganalisis dan Keterampilan Berargumentasi Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas X. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi. 9 (2) : 46 – 54.

Irvan.A., & Admoko.S. (2020). Analisis Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Berbasis Pola Toulmin’s Argument Pattern (TAP) Menggunakan Model Argument Driven Inquiry dan Diskusi Pada Pembelajaran Fisika SMA. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika. 9 (3) : 318-324.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas IX. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Lestari. K.E., & Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.

Maudi, N. (2016). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 39-43.

Rahman.D.F. (2018). Analisis Argumentasi dalam Isu Sosiosaintifik Siswa SMP. Journal of Natural Science Teaching. 1 (1) : 09-13.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran. Jakarta : PT Kharisma Putra Utama.

Saputro, O. A., & Rahayu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185-193.

Widhi.M.T.W. dkk. (2021). Analisis Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Pada Model Pembelajaran Berbasis Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP) Dalam Memahami Konsep Fisika Dengan Metode Library Research. Journal of Science Education. 5 (1) : 79-91.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i3.11406

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.