PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN (Penelitian Pada Siswa Kelas VIII SMP Ma'arif NU Al-Husaeniyah)

Aas Nurasiah Dzamil, Romdah Romansyah, Endang Hardi

Sari


Aas Nurasiah Dzamil. Judul Skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan (Penelitian Pada Siswa Kelas VIII SMP Ma'arif NU Al-Husaeniyah)”. Penyusunan skripsi ini dibawah bimbingan Bapak Romdah Romansyah, sebagai pembimbing I dan Bapak Endang Hardi, sebagai pembimbing II.Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang penulis lakukan di SMP Ma’arif NU Al-Husaeniyah bahwa terdapat beberapa permasalahan terkait hasil belajar siswa, salah satunya yaitu pada pelajaran IPA materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan, rata- rata nilai hasil belajar siswa yang diperoleh rendah atau tidak mencapai KKM, dikarenakan proses pembelajaran yang dilakukan didalam kelas tersebut kurang optimal dan kurang bervariatif dalam pemilihan model yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Waktu penelitian pada tanggal 13 Mei 2023. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII SMP Ma’arif NU Al-Husaeniyah yaitu sebanyak 25 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling dengan desain yang digunakan the one group pre test-post test design. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Variabel penelitian ini hanya mengukur aspek kognitif melalui soal pre test dan post test, soal tes berupa pilihan ganda yang dibatasi pada jenjang C1, C2, C3, C4, dan C5. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan (penelitian pada siswa kelas VIII SMP Ma'arif NU Al-Husaeniyah). Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku:

Al-Tabany, T.I.B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Surabaya:Kencana.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Artikel dalam Jurnal:

Aisyah,Jaenudin,R, dan Koryati,D. (2017). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 15 Palembang. J. Profit. 4(11):1-11.

Kristin, F. (2016).Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. J. Pendidikan Dasar Perkasa. 2(1):98.

Kurnia. H.S, Romansyah. R, & Yuslima. L, (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Berbantuan Discord Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Sub Materi Alat Indra. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) 2(3): 221-228.

Putri,R.H, Lesmono,A.D, dan Aristya,P.D. (2017).Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Bundowoso.J.Pembelajaran Fisika. 6(2):175.

Pratiwi,E. dan Lufti.(2019).Effect Of Discovery Learning Model Assisted By Scientific Approach Based Worksheet On XI Grade Students Affective Competence in SMAN 2 Padang Panjang.International Journal of Progressive Sciences and Technologies. 14(2):292.

Romansyah. R (2014). Pengaruh Pengggunaan Model Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tingkat Organisasi Komponen Abiotik dalam Ekosistem (Penelitian di Kelas X SMA Ar-Risalah).

http://repository.unigal.ac.id/handle/123456789/203

Susanti, E.(2016).Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Tentang IPA SMP Advent Palu. J. Sains dan teknologi radulako. 5(3):40.

Wandini,R.R, dan Sinaga,M.R.(2018).Games Pak Pos Membawa Surat Pada Sintax Model Pembelajaran Tematik.J.Raudhah.06(01).1-12.

Wahyuni. A, Romansyah. R dan Hardi. E. (2022). Pengaruh Implementasi Model Problem Based Learning Berbasis Blended Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan.3(3): 576-583.

Tanjung,I.F.(2016).Guru dan Strategi Inkuiri Dalam Pembelajaran Biologi.J.Tarbiyah. 23(1):64-82.

Laporan Penelitian

Aryani, T. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Organisasi Kehidupan (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Baregbeg).Skripsi

Farida,W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Bagian-bagian Tumbuhan Peserta Didik Kelas IV SD Inpres Bontoramba Kab.Gowa. Skripsi.

Munir, P. Z. S. (2014).Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Pengelolaan Lingkungan.Skripsi




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i3.11408

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.