ETNOMATEMATIKA PADA BIDANG PERTANIAN DAN MAKANAN KHAS "GALENDO" SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Rizki Zakiah, Yoni Sunaryo, Angra Meta Ruswana

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi dalam pembelajaran di sekolah karena masih terpaku pada buku-buku yang tersedia. Namun, sebagai pendidik melakukan inovasi dalam pembelajaran agar dapat menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu inovasi dalam pembelajaran yaitu dapat mengaitkan dengan konteks budaya dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran matematika yang mengaitkan dengan budaya dapat disebut dengan etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep-konsep matematika dan aspek-aspek matematis pada aktivitas di bidang pertanian dan makanan khas. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian eksploratif dan menggunakan pendekatan etnografi. Instrumen penelitian yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam konsep-konsep matemtatika dan aspek-aspek matematis pada aktivitas bidang pertanian dan makanan khas yaitu terdapat konsep-konsep matematika segi empat, perbandingan, aritmatika sosial dan aspek-aspek matematis yang dapat dicari yaitu pada aspek menghitung, mengukur, merancang dan mengelompokkan yang dapat dijadikan sumber pembelajaran di kelas khususnya pada pembelajaran matematika. Hal ini dapat menarik perhatian siswa dalam belajar karena mengaitkan aktivitas di dalam kehidupan sehari-hari dan tidak mengalami kejenuhan dalam belajar yang selalu mengacu buku ajar saja.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fadlilah,Uun., Trapsilasiwi, Dinawati., & Oktavianingtyas, Ervin. (2015). Identifikasi Aktivitas Etnomatematika Petani Padi Pada Masyarakat Jawa Di Desa Setail. Jurnal Kadikma, 6(3), 45-56.

Firdaus, B. A., Widodo, S. A., Taufiq, I., & Irfan, M. (2020). Studi Etnomatematika: Aktivitas Petani Padi Dusun Panggang. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 85–92. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.983

Huda, N. T. (2018). Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. 2(2), 217–232.

Kelir, D., & Kalipuro, K. (2017). Studi etnomatematika di kalangan petani desa kelir kecamatan kalipuro. I(1), 50–59.

Lubis, A. N. M. T., & Widada, W. (2020). Kemampuan Problem Solving Siswa melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik Berorientasi Etnomatematika Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 127–133.

Matematika, S. B. (2019). Etnomatematika: makanan tradisional bugis sebagai sumber belajar matematika. 7(2), 307–328.

Maure, P. O., & Ningsi, G. P. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Tarian Caci Masyarakat Mangarai Nusa Tenggara Timur. Posiding Seminar Nasional Etnomatnesia,340–347. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/index

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405

Rapa, L. G., & Ramadhan, N. R. (2022). OPEN ACCESS EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA TERHADAP MAKANAN KHAS TORAJA Ethnomathematic Exploration Of Toraja ’ s Special Food Abstrak. 11(September), 123–131. https://doi.org/10.22487/j24775185.2021.v10.i1.pp-pp

Suprayo, T., & Noto, M. S. (2018). Studi Etnomatematika Masyarakat Petani Kabupaten Cirebon. 49–54.

Wahyudi, T., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2016). Pengembangan Soal Penalaran Tipe TIMSS Menggunakan Konteks Budaya Lampung. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 1–14. https://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/4300




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i3.11678

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.