PEMANFAATAN SITUS CANDI RONGGENG SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DENGAN MEDIA MORPH TRANSITION POWERPOINT UNTUK SISWA KELAS X IPS II MA FATHURRAHMAN

Ahmad Fauzan, Yeni Wijayanti, Egi Nurholis

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan situs Candi Ronggeng sebagai sumber belajar Sejarah dengan media morph transition powerpoint untuk siswa kelas X IPS II MA Fathurrahman. Metode yang digunakan dalam  penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi/kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Sejarah di MA Fathurrahman menggunakan metode ceramah. Sumber belajar yang dipakai oleh guru hanya dari buku paket yang disediakan sekolah. Pemanfaatan situs Candi Ronggeng sebagai sumber belajar Sejarah dilakukan melalui media powerpoint dengan fitur morph transition. Kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan situs Candi Ronggeng sebagai sumber belajar adalah keterbatasan materi mengenai situs candi tersebut, keberadaan situs yang tertimbun tanah.Kata Kunci: Situs Candi Ronggeng, Sumber Belajar, Pembelajaran Sejarah, Media Morph Transition Powerppoint

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahnaf, F. H., Rochmawati, F., Hamdala, S., & Muzemil, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi pada Materi Fonologi untuk Mahasiswa menggunakan PowerPoint. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 59–65.

Endang. Pamong Budaya Situs Candi Ronggeng. Tanggal 1 Juni 2023

Ferdinandus, P. (1984). Penelitian Arkeologi di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat tanggal 1 s/d 15 Agustus 1984". Laporan Penelitian Arkeologi. Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasanah, N. Guru Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Tanggal 17 Mei 2023

Kochhar, S. (2008). Teaching History. PT.Grasindo.

Mahabbah, I. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajara N Interaktif Berbasis Microsoft Office Power Point 2019 Pada Mata Pelajara N Al-Islam Sisw a Ke Las Viii Di Smp Muhammadiyah Palangka Ra Ya.

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah? WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mulyono, N. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. RIZQI PRESS.

Munandar, A. A. (2011). Bangunan Suci Sunda Kuna. Wedatama Widya Sastra.

Nasution, A. haris, & Tanjung, F. (2020). Kurikulum dan Pembelajaran sejarah. Yayasan Kita Menulis.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.

Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar dan Pusat sumber Belajar teori dan aplikasinya disekolah/madrasah. PRENADAMEDIA GROUP.

Rusyanti, Saptono, N., & Widyastuti, E. (2020). Pertanggalan Relatif Candi Ronggeng Di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Amerta, 38(2), 145–160. Saptono, N., & Endang Widyastuti. (2020). Identifikasi Awal Bentuk Bangunan Di Situs Candi Ronggeng. Jurnal Panalugtik, 3(1), 45–58.

Sianipar, P. (2018). Bekerja dengan PowerPoint 2016. PT Elex Media Komputindo.

Siregar, R. S., Saputro, A. N. C., Saftari, M., Panggabean, N. H., Simarmata, J., Kholifah, N., Fahmi, A. I., Subakti, H., & Harianja, J. K. (2022). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Wiryokusumo, I., Istianah, Y., & Leksono, I. P. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan transisi morph dan zoom materi perbandingan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 113.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i3.11702

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.