PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL YOUTUBE QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS 1 SMAN 2 BANJAR

Lulu Ulmaelani, Yadi Kusmayadi, Dewi Ratih

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMAN 2 Banjar sebelum memanfaatkan media pembelajaran audio visual Youtube Quizizz serta untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran tersebut dalam mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMAN 2 Banjar. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara, observasi dan telepon genggam untuk memotret serta merekam. Pengolahan data dilakukan melalui enam tahap sesuai pendapat Creswell, untuk analisis data dilakukan dengan triangulasi, kontrol anggota dan pemeriksaan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui delapan tahapan seperti yang dijelaskan Moleong. Hasil penelitian Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Youtube Quizizz dalam Pembelajaran Sejarah di kelas XI IPS 1 SMAN 2 Banjar sebelum memanfaatkan media pembelajaran audio visual Youtube Quizizz menunjukan bahwa Kondisi pembelajaran sejarah yang berlangsung guru menyampaikan materi pembelajaran sesuai dengan RPP dan media pembelajaran yang digunakan buku paket dan buku LKS. Pemanfaatan media pembelajaran audio visual Youtube Quizizz di Kelas XI IPS 1 SMAN 2 Banjar dilakukan melalui tahapan perencanaan dan pelaksanaan. Pemanfaatan media pembelajaran ini dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan pada setiap pertemuan peserta didik mengalami perkembangan dalam memahami materi sejarah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah di Bengkulu. Jurnal PTP LPMP Bengkulu, 2, 1–6.

Denzin & Licon. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi. Puskur. Dit. PTKSD.

Enawaty, E. & S. H. (2010). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas X SMA Negeri 3 Pontianak Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, Vol1, 24–36.

Haryadi, Dedi, dkk. (2019). Implementasi Proteksi Client Side Pada Private Cloud Strage Nextcloud. Jurnal Manajemen Informatika & Sistem Informasi.2(1):16

Jas, J. (2012). Kinerja Guru Dalam Pembelajaran. Lentera: Jurnal ilmu-ilmu sejarah budaya dan sosial, 46.

J.R Raco. (2010). Metode-Penelitian-Kualitatif. Jakarta: Grasindo

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Peserta didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145.

Qomariyah, N., & Maghfiroh, M. (2022). Transisi Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka: Peran dan Tantangan dalam Lembaga Pendidikan. Gunung Djati Conference Series, 10.

Rusdiana, R. E. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Safarina, Y., Pajriah, S., & Suryana, A. (2023). Pembelajaran Model Example Non Example Dengan Variasi Kuis Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Kelas Xi Di SMA Negeri 1 Cineam. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 4(1), 117–123. https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8914

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Santosa, Y. B. (2017). Problematika Dalam Pelaksanaan Pendidikan Sejarah di Sekolah Menengah Atas Kota Depok. Jurnal Candrasangkala, 30.

Sudarto, S. (2021). Peningkatan Apresiasi Siswa Terhadap Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah Dengan Media Tradisi Sedekah Laut Cilacap. Jurnal Artefak, 8(2), 203–212. https://doi.org/10.25157/ja.v8i2.6713

Sudarto, S., & Purwanto, D. (2022). Chinese Ethnicity In Indonesian History Textbook. International Journal of Education and Social Science Research (IJESSR), 5(5), 327–343. https://doi.org/10.37500/IJESSR.2022.5518




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i3.11736

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.