PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIS SISWA

Putri Rahmadila, Asep Amam, Adang Effendi

Sari


Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan penalaran adaptif matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis siswa. Metode yang digunakan adalah The Nonequivalent Post-test Only Group Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Think Pair Share, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan penalaran adaptif matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ciamis semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling dengan kelas VII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan yaitu instrumen tes kemampuan penalaran adaptif matematis siswa dengan pokok bahasan aritmetika sosial dalam bentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan statistika inferensial, yaitu uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan penalaran adaptif matematis siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alhaddad, I. (2015). Perkembangan pembelajaran matematika masa kini. Delta-Pi:Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 13–26.

Indriani, T., Hartoyo, A., & Astuti, D. (2017). Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Kelas VIII SMP Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(2), 1–12.

Kamil, V. R., Arief, D., Miaz, Y., & Rifma. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Belajar Siswa Kelas VI. JURNAL BASICEDU, 5(6), 6025–6033.

Nataliasari, I. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTS The. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1).

Nopitasari, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 103–112.

Permana, N. N., Setian, A., & Nurcahyono, N. A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 2(2), 51–60. https://doi.org/10.14421/jppm.2020.22.51-60

Putra, R. W. Y., & Sari, L. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Metode Accelerated Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa SMP. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 211–220.

Wijaya, A. (2017). The Relationships between Indonesian Fourth Graders’ Difficulties in Fractions and the Opportunity to Learn Fractions: A Snapshot of TIMSS Results. International Journal of Instruction, 10(4), 221–236. https://doi.org/10.12973/iji.2017.10413a

Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa sma pada materi limit fungsi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 409–414. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.409-414

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. teorema: teori dan riset matematika, 4(2), 111–120.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i3.11760

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.