MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA KARTU SOAL EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Diah Sitilawati, Tati Heryati, Samiri Samiri

Sari


Rendahnya hasil belajar peserta didik merupakan salah satu masalah dalam pembelajaran. Hal ini dapat diketahui dari dari data awal nilai ulangan harian peserta didik yang masih berada dibawah KKM. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya adalah pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui  perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model problem based learning dengan media kartu soal dengan hasil belajar peserta didik  yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan jenis Quasi Eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan uji t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik. Simpulan dari penelitian ini bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model problem based learning dengan media kartu soal dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan media kartu soal,  Hasil Belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asnita, (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning dilengkapi media kartu soal terhadap minat belajar peserta didik di SMK Muhammadiyah Cerenti. JOM FTK UNIKS. Volume 1.

Bekti Wulandari & Herman Dwi Surjono, (2013). Pengaruh Problem based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol.3 Nomor 2.

Fransisco Adam, et. all, (2020) Pengembangan Model Pembelajaran BerbasisKartu Soal Dengan Pendekatan Konstruktivistik Pada Mahasiswa PGSD STKIP Melawi, Jurnal Pembelajaran Prospektif Volume 5 Nomor 1.

Nurhayati (2014) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Bimbingan Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas III SD Inpres1 Bainaa. Jurnal KreatifTadulako Online.Vol.4 No.10.

Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian.

Rusman. (2012). Manajemen Sekolah Bermutu model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2013) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulastri et . all., (2019) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol.3 No.1.

Surya Ariz Perdana, Slameto. (2015). Penggunaan Metode Problem based learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 4, Nomor 2, hal. 73-78.

Trianto (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenamedia Group

Widya Oktaviani (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dilengkapi Media Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Pekanbaru. Surya Ariz Perdana, Slameto. (2015). Penggunaan Metode Problem. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Zadaqusti, Esti (2010) Problem Based Learning (Konsep Ideal Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Prestasi Belajar Dan Motivasi Berprestasi).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.12145

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.