Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Yang Menggunakan Media Pembelajaran Wordwall dan Media Pembelajaran Powerpoint Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Kelas X Akuntansi di SMK PGRI Cikoneng

Melawati Melawati, Yuyun Susanti, Utti Suwirta

Sari


Hasil belajar yang rendah menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Rendahnya hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu melalui penggunaan media pembelajaran wordwall dan media pembelajaran power point. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Wordwall pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Power Point pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Wordwall dengan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Power Point pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode quasi eksperimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Wordwall pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Power Point pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Wordwall dengan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Power Point pada pengukuran akhir (posttest).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Defiani, I. K., Utomo, B. B., & Rosyid, R. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Sungai Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Vol.7 No.9, 1-8.

Fadhillah, L. (2021). Penggunaan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Hukum dan Peradilan di Indonesia. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran, 87.

Fikriansyah, M., & Layyinnati, I. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Website (Wordwall) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 07 Paciran. Jurnal Mahapeserta didik Pendidikan, 30.

Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3691.

Minarta, S., & Pamungkas, H. (2022). EFEKTIFITAS MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK MAN 1 LAMONGAN. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 192.

Mulyono, N. (2015). Kurikulum & Pembelajaran. Bandung: Rizqi Press.

Rahman, M., & Mahmud, N. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Majene. Jurnal Saintifik VOL .4 NO. 1, Januari 2018, 1-10.

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sari, R., Nazmi, R., & Zulfa. (2021). PENGARUH GAME WORD WALL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS X MIPA SMA 2 LUBUK BASUNG. Jurnal Pendidikan Sejarah, 82-83.

Sentani, A., Yudianto, A., & Rahmat, D. (2022). IMPLEMENTASI GAME WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DI KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 KOTA SUKABUMI. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 2-3.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N., & dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wati, E. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.12200

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.