PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 CIAMIS

Evi Lestari Oktaviani, Ilah Ilah, Rita Patonah

Sari


Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Ciamis merupakan permasalahan yang harus segera diatasi. Rendahnya hasil belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya penggunaan metode pembelajaran yang belum optimal. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Snowball Throwing. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan yang menggunakan tipe Snowball Throwing pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan yang menggunakan tipe Snowball Throwing pada pengukuran akhir (posttest).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abadi, S. (2014). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Model Snowball Throwing dan TGT Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 12(4). http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3088, diakses tanggal 22 Desember 2022.

Andriani, R., & Rasto, R. 2019. Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 80-86. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/14958,diakses tanggal 20 Desember 2022.

Arif, S., & Rijanto, T. 2017. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar dan Minat Peserta Didik (meta-analisis data). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/21214, diakses tanggal 20 Desember 2022.

Kusumawati, N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Ipa pada Siswa Kelas IV SDN Bondrang Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 1-12. https://ibriez.iainponorogo.ac.id/index.php/ibriez/article/view/19, diakses tanggal 5 April 2023.

Mulyono, Nono. 2015. Kurikulum & Pembelajaran. Bandung: Rizqi Press.

Nicho, S, D. 2014. Perbandingan Antara Strategi TGT (Teams Games Tournament) dan Strategi Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SD Al Firdaus Tahun Ajaran 2013/2014. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/30550/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf, diakses tanggal 22 Desember 2022.

Rusman. 2016. Model-model pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.

Shoimin, Aris. 2014. 68 ModelPembelajaran Inovatif dalamKurikulum2013.Yogjakarta: Ar- RuzzMedia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Utari, F. D., & Barlian, I. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Muhammadiyah 2 Palembang. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 40-49. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/5635, diakses tanggal 22 Desember 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.12230

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.