PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMAN 2 BANJAR

Ayu Puspita, Eni Rohaeni, Ilah Ilah

Sari


Rendahnya hasil belajar menjadi permasalahan dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran, sehingga pendidik harus segera melakukan berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan tersebut. Tidak sesuai dengan materi pembelajaran, maka pendidik harus mampu memilih model yang tepat untuk digunakan oleh pendidik. Tujuan dari peneliti ini: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model kooperatif tipe Take and Give dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Untuk membedakan hasil belajar peserta didik menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 3.Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give dengan hasil belajar peserta didik menguunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sumber Buku :

Nono Muluyono, M. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Rizqi.

Nono Muluyono, M. (2015). Pengelolaan Pendidikan Bandung: Rizqi.

Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Shilpy A. Octavia, M. (2012). Guru dan Pembelajaran Menyenangkan. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang mempengaruhi . Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sumber Jurnal :

Batubara, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Hidrosfer di Kelas XA SMA Swasta YPK Medan TA. E-Journal digilib.unimed.ac.id, 2018.

Hartami, P., Abdullah, R., & Safitri, Y. (Lantanida Journal, Vol. 2 No. 2, 2014). Penerapan Model Pembelajara Kooperatif Tipe Take and Give Pada Materi Minyak Bumi Di Kelas X MAN SABANG. 2014: 171-179.

Hasibuan, S. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajarann Take and Give Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Materi Konsep Dasar Ilmu Ekonomi Dikelas X SMA Swasta Kampus Padangsidimpuan . ISSN : 2615 - 319X Vol. 4 No. 2 Mei 2021, 103-104.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Nizamia Learning Cemtert, 21.

Purba, Y. N., Sirait, J., & Sidabutar, Y. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperaitif Tipe Take and Give Terhadap Hasil Belajar Siswa . Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 4 Nomor 6 Tahun 2022, 5344.

Theriana, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris . Scholastica Journal Volume 2, No 1, 2019, 113-114.

Skripsi :

Annisa Muttaqiah (2017), Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik yang Mendapatkan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Take and Give dan Tipe treffinger pada Mata Pelajaran ekonomi di SMK NEGERI SUKARESIK:Ciamis, Universitas Galuh.

Wulan Asih Septiarini (2018), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Take and Give Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi: Ciamis, Universitas Galuh.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.12251

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.