PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH)

Yasmin Salwa Sri Wahyuni, Utti Suwirta, Rita Patonah

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Baregbeg. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar yaitu dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay pada pengukuran awal dan akhir; 2) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal dan akhir; dan 3) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Experimental Design, berbentuk desain Nonequivalent Control Group Design serta pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Sampling Purposive. Analisis data menggunakan Uji t. Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) pada pengukuran awal dan akhir dikelas eksperimen, 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal dan akhir dikelas kontrol, dan 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Hasbullah, Juhji, Maksum. 2019. Strategi Belajar Mengajar Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam, (Online), Vol. 3 No. 1 diakses 26 Mei 2023

Mediatati, Nani. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan

Hasil Belajar PKn, (Online), Vol 1 (2)

Mulyono, Nono. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Rizqi Press.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudjana. 2016. Statistika Untuk Ekonomi dan Niaga. Bandung: Tarsito.

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods),

Bandung:Alfabeta.

Wibowo, Ari Wahyu. 2017. Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. (Online), Vol. 1 Edisi 1 Januari 2015.

Widiasih, Sri Luh, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran SFAE Berbasis Tri Kaya Parasudha Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa, (Online), Vol. 3 No. 2 diakses 3 Juli 2023




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.12301

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.