MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEYAKINI ADANYA HARI AKHIR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VI SD NEGERI KAWUNGLUWUK

N Ade Nurhayat

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Meyakini Adanya Hari Akhir di kelas VI SPF SD Negeri Kawungluwuk melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Indikator keberhasilan dari penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa dalam setiap siklusnya dengan KKM sebesar 75. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan tiga pertemuan pada tiap siklusnya. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SPF SD Negeri Kawungluwuk pada semester ganjil tahun pelajaran 2022-2023 yang berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi Meyakini Adanya Hari Akhir melalui penerapan model pembelajaran problem based learning meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai terendahnya 60 dan nilai tertingginya 85 dengan nilai rata-rata kelas 72,86 dengan persentase kelulusan 50%, sedangkan pada siklus II nilai terendahnya 70 dan nilai tertingginya 100 dengan nilai rata-rata kelas 85,71 dengan persentase kelulusan 89,29%. Besarnya peningkatan nilai bervariasi, mulai dari 10 sampai 20. Namun, rata-rata peningkatannya adalah 13. Hasil tersebut membuktikan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Meyakini Adanya Kepada Hari Akhir. Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran, problem based learning meyakini adanya hari akhir, dan pai.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Suprijono. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Arends. 2007. Learning to Teach. Yogykarta: Pustaka Pelajar.

Aris Shoimin. 2014. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Aunurrahman, dkk. 2009. Penelitian Pendidikan SD. Jakarta: Depdiknas Dirjen. Dikti.

Briggs, L.J. 1982. Principles of Intructional Disgn. New York: Holt, Renchart, and Winston.

Catharina Tri Anni. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press.

Gagne. 1985. The Condition of Learning Theory of Instrucion. New York: Rinehart.

Ibrahim, dkk. 2010. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Jogiyanto. 2006. Filosofi, Pendekatan dan Penerapan Pembelajaran Metode Kasus. Yogyakarta: Andi offset.

Kamdi. 2007. Strategi Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Komalasari. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rafika Aditama.

Poerwati. 2008. Bahan Ajar Cetak Asesmen Pembelajaran SD 3 SKS. Malang: UMM Press.

Rusmono. 2014. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slavin, R. E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suharsimi Arikunto. 1990. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi. Aksara.

Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran Pendekatan Individual. Bandung: Rancaekek Kencana.

Tabrani, dkk. 1989. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Karya.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Udin S. Winataputra. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wingo. 1970. Prinsip Belajar. Bandung: CV.Wacana Prima.

Wiriaatmadja. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i3.12313

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.