PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Elya Elya, Rini Agustin Eka Yanti, Ilah Ilah

Sari


Rendahnya hasil belajar siswa merupakan permasalahan yang dilatarbelakangi oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah penerapan model pembelajaran yang kurang memadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada penilaian akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada penilaian awal (pretest) dan penilaian akhir (posttest) pada kelas eksperimen. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada penilaian awal (pretest) dan penilaian akhir (posttest) pada kelas kontrol. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada penilaian akhir (posttest).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aryansyah, F. (2021). Pelaksanaan Question Student Have Method Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(1), 91–98.

Astriany, D., Yanti, R. A. E., & Patonah, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(3), 601–610.

Filindity, Y. T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X. Science Map Journal, 4(2), 82–87.

Hasieba, I. Y., Rohaeni, E., & Ruhyanto, A. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Dengan Menggunakan Metode Tanya Jawab. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(1), 219–228.

Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 279–295. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2704

Maysaroh, S., Ilah, & Dedeh. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 2 Ciamis. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan) , 3(3), 662–669.

Pusvita Kartikasari, C., Hunafa, U., & Herdiana Altaftazani, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa SD Kelas V. Journal of Elementary Education, 2(3), 109–116.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Uki, N. M., & Liunokas, A. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Make A Match terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5542–5547. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1363

Wahab, Z. A. (2020). Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Banda Aceh Tahun Ajaran 2015/2016. Serambi Konstruktivis, 2(4), 78–91.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.12317

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.