ANALISIS PENYELESAIAN SOAL OPEN-ENDED DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA

Fajar Prima Permata, Euis Erlin, Lala Nailah Zamnah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyelesaian soal open-ended ditinjau dari kemampuan kognitif siswa menurut taksonomi bloom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan teknik analisis yang digunakan meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verification) yang dilakukan di SMAN 1 Baregbeg pada siswa kelas XII. Adapun data penelitian berasal dari hasil tes kemampuan kognitif, tes soal open-ended, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini ialah siswa yang mempunyai kemampuan kognitif tinggi mampu menjawab soal yang menuntut untuk mengembangkan daya nalar. Siswa yang mempunyai kemampuan kognitif tinggi juga cenderung lebih menguasai soal yang menuntut kreatif dan analytical thinking dengan memberikan jawaban lebih dari satu untuk setiap soal dengan tepat. Kemudian siswa yang mempunyai kemampuan kognitif rendah hanya mampu menjawab soal yang membutuhkan operasi perhitungan dan tidak mampu menyelesaikan soal yang menuntut kreatif dan analytical thinking. Beberapa siswa yang mempunyai kemampuan kognitif rendah juga belum mampu memahami setiap soal yang diberikan sehingga siswa cenderung memberikan jawaban yang tidak tepat dan hanya memberikan jawaban satu untuk setiap soal.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Almutairi, B. A., Alraggad, M. A., & Khasawneh, M. (2020). Taksonomi bloom (ranah kognitif, afektif, dan psikomotor) serta identifikasi permasalahan pendidikan di indonesia. European Scientific Journal ESJ, 16(16), 1–10. https://doi.org/10.19044/esj.2020.v16n16p49

Azura, A., Samsudin, A., & Utari, S. (2020). Analisis peta wright keterampilan berpikir level lots dan hots siswa kelas xi pada materi miopi. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 5(1), 76–83.

Eka, F. (2016). Penerapan model pembelajaran open ended pada pembelajaran matematika kelas v untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di madrasah ibtidaiyah al-munawwarah kota jambi. Skripsi, 4(1), 1–23.

Faridah, N., Isrokatun, & Aeni, A. N. (2016). Pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 1061–1070.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Pendidikan, 143.

Hendayana, Y. (2020). Keterampilan Pembelajaran pada Abad-21 Disiapkan untuk Sambut Bonus Demografi Indonesia. 25 Oktober 2020. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/keterampilan-pembelajaran-pada-abad-21-disiapkan-untuk-sambut-bonus-demografi-indonesia/

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184

Ramadianti, W., Syofiana, M., & Mahyudi, M. (2018). Pengembangan Soal Matematika Open-Ended Berkonteks Bumi Rafflesia. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 8–16. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i1.922

Setiawan, R. H., & Harta, I. (2014). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Sikap Siswa Terhadap Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 241. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2679

Suyatno. (2009). Menjelajah pembelajaran inovatif (cet. 1). Masmedia buana pustaka.

Zakiah, N. E., & Sunaryo, Y. (2017). Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual berbasis gaya kognitif untuk meningkatkan self awareness siswa. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 2(1), 11–20.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.12383

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.