PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DENGAN MENGGUNAKAN KEARIFAN LOKAL PAYUNG GEULIS

Sylvi Rahmawati

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul dan respon siswa terhadap modul pembelajaran pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan menggunakan kearifan lokal payung geulis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Miftahul Ulum Al-Azhar. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validitas untuk melihat kelayakan modul berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media, dan lembar angket untuk melihat respon siswa. Kelayakan modul pembelajaran mengacu pada hasil penilaian oleh ahli materi dan ahli media terhadap modul pembelajaran yang dikembangkan. Hasil Penelitian modul pembelajaran pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan menggunakan kearifan lokal payung geulis adalah (1) memenuhi kategori layak untuk digunakan, dengan hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan kategori layak dengan persentase skor rata-rata 80% sehingga modul pembelajaran ini layak digunakan dari segi materi pembelajaran, sedangkan hasil penilaian dari ahli media mendapatkan kategori sangat layak dengan persentase skor rata-rata 88,89% sehingga modul pembelajaran ini sangat layak digunakan dari segi media, (2) berdasarkan hasil dari angket siswa modul pembelajaran pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan menggunakan kearifan lokal payung geulis yang dikembangkan ini memperoleh persentase skor rata-rata 81,63% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian modul pembelajaran pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan menggunakan kearifan lokal payung geulis ini layak digunakan untuk pembelajaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisy, D. R., Farida, F., & Andriani, S. (2020). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Dengan Pendekatan Saitifik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv). Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 61–71. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1499

Awaliah, L. N, Zakiah, N. E., &Solihah, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Canva Berbasis Konservasi Ciung Wanara. Unigal Repository.

Harta, I., Tenggara, S., & Kartasura, P. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Minat SMP, 9(2), 161–174. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077

Jeklin, A. (2016). Tujuan pembelajaran matematika smp. July, 1–23.

Kasri, K. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Media Puzzle Siswa Kelas I SD. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 2(3), 320. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.69

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Mahadiraja, D., & Syamsuarnis, S. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Daring Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik T.P 2019/2020 Di SMK Negeri 1 Pariaman. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 6(1), 77. https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.107612

Muslim, S. R., & Prabawati, M. N. (2020). Studi Etnomatematika terhadap Para Pengrajin Payung Geulis Tasikmalaya Jawa Barat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 59–70. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.628

Muzdalipah, I., Rustina, R., Patmawati, H., & Yulianto, E. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Menggunakan Geogebra Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(1), 181. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.10090

Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Madrasa Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 41(20), 1–15.

Nurmaya, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Pada Materi Transformasi Geometri. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 123–129. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.941

R, N., & Susanti, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Literasi Matematika. Jurnal Borneo Saintek, 2(1), 37–45. https://doi.org/10.35334/borneo_saintek.v2i1.633

Rahdiyanta, D. (2016). Penyusunan Teknik Modul. 1–14. 1–14.

Sistem, P., & Instalasi, D. A. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Smk 2013 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Dan Instalasi Refrigerasi. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(1), 64–70.

Sofyan, A. N., Sofianto, K., Sutirman, M., & Suganda, D. (2018). Kerajinan Payung Geulis sebagai Kearifan Lokal Tasikmalaya. Panggung, 28(4). https://doi.org/10.26742/panggung.v28i4.708

Wirawan, Y. M., & Putra, R. W. Y. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Gamifikasi pada Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 329–335. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.2964




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i3.12461

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##