MENJELAJAHI REPRESENTASI LINGKUNGAN DALAM KARYA SASTRA SEBAGAI INSPIRASI UNTUK PEMAHAMAN DAN TINDAKAN EKOLOGIS

Siti Andini, Sudarto Sudarto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menjelajahi representasi lingkungan dalam karya sastra sebagai sumber inspirasi untuk pemahaman dan tindakan ekologis. Sastra telah lama menjadi cermin hubungan manusia dengan alam dan tantangan ekologis yang dihadapi masyarakat modern. Peneliti mengumpulkan dan menganalisis karya sastra yang berfokus pada cerita pendek karya A. Warits Rovi yang menggambarkan beragam aspek lingkungan, termasuk kerusakan alam, kehidupan berkelanjutan, dan keterhubungan manusia dengan alam. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis sastra dan ekolinguistik sebagai metodenya untuk memahami cara penulis menggunakan bahasa dan narasi untuk merepresentasikan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karya sastra dapat membangkitkan empati terhadap alam, memperluas wawasan tentang ketergantungan manusia pada ekosistem, dan mendorong tindakan proaktif untuk menjaga lingkungan. Karya sastra sebagai alat untuk meningkatkan kesadaran ekologis dan mempromosikan perubahan perilaku yang dapat menggugah pemikiran kritis tentang masalah ekologi, serta mempengaruhi sikap dan tindakan yang bertanggung jawab terhadap alam. Karya sastra memiliki peran kunci  membangun hubungan yang lebih baik antara manusia dan alam, memotivasi upaya kolektif untuk mencapai keberlanjutan dan pelestarian lingkungan serta menerapkan pembelajaran dalam praktik sehari-hari. Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran lingkungan di Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi  agar siswa dan mahasiswa mencintai alam dan tidak melakukan eksploitasi lingkungan.Kata Kunci: sastra, ekolinguistik, representasi lingkungan, pemahaman ekologis, tindakan ekologis. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hadirman. (2020). Ekolinguistik. Surabaya : CV. Kanaka Media.

Nurmansyah, G., Rodliyah, N., Hapsari, R. (2019). Pengantar Antropologi Sebuah Ikhtisar Mengenal Antropologi. Bandar Lampung : Anugerah Utama Raharja.

Halliday, M.A.K. (1990). “New Ways of Meaning: The Challenge to Applied Linguistics”. Dalam Journal of Applied Linguistics. Vol. 6 : 7.

Kurniasih, N. (2020). Kearifan Lingkungan Kumpulan Cerpen Pilanggur Salusin Kisdap Banjar Karya Hatmiati Masy’ud (Kajian Ekokritik). Jurnal Undas. Vol 16. No. 2 : 1

Afni, N. 2018. “Representasi Alam dan Manusia dalam Novel Api Awan Asap Karya Korrie Layun Rampan: Suatu Tinjauan Ekokritik Gred Garrard.” Jurnal Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. https://eprints.unm.ac.id. Diakses 18/3/2024.

Andini, S. (2022). Analisis Sosiologi Cerita Pendek dalam Majalah Horison Tahun 2015. Jurnal Diglosia Pendidikan, Kebahasaan dan Kesusastraan. Vol. 6. No.2 : 470.

Juanda., Azis. (2023). Representasi Lingkungan dalam Cerpen Ketam Batu Karya Gus TF Sakai. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra. Vol. 9. No. 1: 373-375.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.14396

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.