PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Baharuddin Baharuddin, Agung Muhtar Saputra, Harma Harma, Riskayani Amram, Nurhidayanti Nurhidayanti, Novi Amelia

Sari


Pengembangan video pembelajaran interaktif sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan guna membantu memecahkan masalah pada pembelajaran di kelas. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan video pembelajaran interaktif yang diharapkan bisa meningkatkan keterampilan literasi matematika peserta didik kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Peserta didik kelas VIII di MTsS Madani Alauddin menjadi subjek dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian memperlihatkan video pembelajaran interaktif yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan keterampilan literasi matematika peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan skor tes literasi matematika sebelum dan sesudah penggunaan video pembelajaran. Selain itu, respon peserta didik terhadap video pembelajaran interaktif sangat positif, mereka merasa lebih tertarik dan termotivasi dalam mempelajari bangun ruang sisi datar. Dengan demikian, video pembelajaran interaktif dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amelia, Effendi, K. N., & Lestari, K. E. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas X Sma Dalam Menyelesaikan Soal Pisa. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 136–145.

Aulia, A., & Bahri, S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta DIdik. Jurnal MatheEducation Nusantara, 6(1), 50–56.

Desvia Ispratiwi, & Mellisa. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Capcut Pada Mata Kuliah Kultur Jaringan. 4(1), 39–45.

Hasanah, M., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Pada Soal Matematika PISA Konten Quantity dan Konten Change and Relationship. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 157. https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.13785

Indayanti, Y., & Sagala, P. N. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di MTs Citra Abdi Negoro. Journal of Student Research (JSR), 1(3), 245–259.

Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash Rubhan. 177–186.

Mboeik, V. (2023). Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Citra Pendidikan, 3(1), 781–788. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i1.1421

Mustamid, M., & Raharjo, H. (2015). Pengaruh Efektifitas Multimedia Pembelajaraan Macromedia Flash 8 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi Dan Invers. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 4(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v4i1.21

Novera, R. D., & Sofiarini, A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon Menggunakan Konsep Etnomatematika di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6(4), 7161–7173.

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Nurwahidah, C. D., Zaharah, & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr, 17(1), 118–120.

Nurwinda, Khaedar, M., Cayati, & Fitriana, E. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 188 Tnrongi Kabupaten Wajo. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1), 36–45.

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume 1): The state of Learning and Equity in Education. In OECD Publishing: Vol. I. https://doi.org/10.31244/9783830998488

Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., Putu, L., & Mahadewi, P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60–68.

Pribadi, R. B. A. (2009). Model Model Desain Sistem Pembelajaran.

Purbayanti, H. S., Ponoharjo, P., & Oktaviani, D. N. (2020). Analisis Kebutuhan Video Pembelajaran Matematika Pada Pandemi Covid-19. JIPMat, 5(2), 165–172. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6693

Saman, Ma’rufi, & Tiro, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Dalam Meingkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pedagogy, 4(1), 1–12.

Sargaling, Y. Y., Wondo, M. T. S., & Seto, S. B. (2022). Penerapan Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. JUPIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 5(2), 82–89.

Sari, D. P., Aisyah, S., & Zahari, C. L. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 7(2), 309. https://doi.org/10.31949/th.v7i2.4498

Septhiani, S. (2022). Analisis Hubungan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3078–3086. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1423

Shafa, A. F., & Yunianta, T. N. H. (2022a). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Berbagai Aplikasi Geogebra Materi Program Linear Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1127–1136.

Shafa, A. F., & Yunianta, T. N. H. (2022b). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Geogebra Materi Program Linear Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1127. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4882

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung Di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 435–448.

Yusmarina, H. R., Hidayanto, E., & Susiswo, S. (2023). Literasi Matematis Siswa Bergaya Kognitif Impulsif Dalam Menyelesaikan Masalah Model Pisa Ditinjau Dari Gender. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3101. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7559




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.14591

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.