PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Fadilah Setiawati, Lifa Farida Panduwinata

Sari


ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitaif dengan metode ex post facto, dimana  mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran menjadi Subjek dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini sebesar 644 mahasiswa dengan 235 mahasiswa sebagai sampel dari hasil perhitungan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan  analisis outer model, inner model dan uji hipotesis dengan aplikasi SmartPLS 4.0. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis, kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Egok, A. S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Junal Pendidikan Dasar, 7(2), 186–199.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPls 3.0 Untuk Peneitian Empiris (Edisi 2). Universitas Diponegoro Semarang.

Haq, A. (2018). Motivasi Belajar Dalam Meraih Prestasi. Jurnal Vicratina, 3(1), 193–214.

Isnawati, N., & Samian. (2017). Kemandirian Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Dan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 128–144. https://doi.org/10.2317/jpis.v25i1.825

Kessi, A. M. P. (2019). Motivasi, Kompetensi, dan Penguasaan Teknologi Informasi Pada Kepuasan Kerja dan Kinerja Dosen. Jakad Media Publishing.

Khosi’in. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Teams-Game-Tournaments (TGT) pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X di SMA Nu 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Journal Of Biology Education, 3(2), 143–156. https://doi.org/10.21043/jobe.v3i2.7762

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Prespektif Guru dan Siswa. Remaja Rosdakarya.

Lidawa, U. M., Rahman, M. H., & Salim, A. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Media Animasi. Jurnal Pendidikan MIPA, 6(2), 77–81. https://doi.org/10.33387/saintifik.v6i2.3890

Mudjiman, H. (2006). Belajar Mandiri. Pustaka Belajar.

Rahayu, M., Uswatun, D. A., & Nurochmah, A. (2020). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Kelas III SDN Dayeuhluhur Cbm. Dikdas Matappa. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 251–258. https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.717

Ramli, R. (2014). The Effect of Motivasi Belajar on Student’s Productive Competencies in Vocational High School, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science, 4(6), 722–732.

Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.33654/math.v3i1.57

Saputri, A., Kresnadi, H., & Salimi, A. (2020). Korelasi Antara Kemandirian Dan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Tematik Kelas V SDN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(3), 1–11. https://doi.org/10.26418/jppk.v9i3.40020

Saragih, M. G., Saragih, L., & Wilfrid, J. (2021). Metode Penelitian Kuantitaif : Dasar-Dasar Memulai Penelitian. Yayasan Kita Menulis.

Setiaji, K., Muktiningsih, S., & Farliana, N. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Diintervening Motivasi Belajar E-learning Ekonomi. JEKPEND (Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan), 4(1), 56–63. https://doi.org/10.26858/jekpend.v2i2.9736

Siagian, T. S., & Khair, H. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 59–70. https://doi.org/10.30596/maneggio.v1i1.2241

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitiatif dan R&D. Alfabeta.

Sumbawati, M. S., Munoto, Basuki, I., Ismayati, E., & Rijanto, T. (2020). Student Kemandirian Belajarce in Online Learning Depends on Motivation. International Joint Conference on Science and Engineering (IJCSE 2020), 196, 342–347. https://doi.org/10.2991/aer.k.201124.062

Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis di Bidang Pendidikan. Buku Aksara.

Usli, V. A. (2023). Pengaruh Literasi Digital dan Kemandirian Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2020. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(8), 473–480. https://doi.org/10.5281/zenodo.7897907

Wahyuningsih, D. D. (2020). Panduan Untuk Konselor Teknik Self Management Dalam Bingkai Konseling Cognitive Behavior Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMP. CV Sami Utung.

Wahyuningsih, P., Usman, O., & Dania, R. R. F. (2022). The Effect of Independent Learning on Critical Thinking Skills Mediated by Motivasi Belajar in Online Learning During a Pandemic on Students of The Faculty Of Social Sciences 2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran, Dan Akuntansi - JPEPA, 3(1), 140–150. https://doi.org/10.21009/JPEPA.007.x.x




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.14695

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.