PEMBELAJARAN INTERAKTIF: MENINGKATKAN KETERLIBATAN DAN PEMAHAMAN SISWA

Yuliana Sesi Bitu, Agustina Purnami Setiawi, Fransiskus Ghunu Bili, Sri Astuti Iriyani, Elyakim Nova Supriyedi Patty

Sari


Penelitian ini mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran interaktif dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa di tingkat sekolah menengah. Menggunakan desain kuasi-eksperimental, sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas XI di SMKN 2 Tambolaka yang dibagi secara acak menjadi dua kelompok: kontrol (pembelajaran konvensional) dan eksperimen (pembelajaran interaktif). Instrumen penelitian meliputi kuesioner keterlibatan siswa, tes pemahaman materi pelajaran, dan observasi kelas. Setelah pre-test, kelompok eksperimen menerima pembelajaran interaktif selama 8 minggu, sedangkan kelompok kontrol menerima pembelajaran konvensional. Post-test dilakukan untuk mengukur pemahaman akhir siswa, dan data dianalisis dengan uji t. Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki keterlibatan yang lebih tinggi (M=4.5, SD=0.5) dibandingkan kelompok kontrol (M=3.2, SD=0.7) dan pemahaman yang lebih baik (M=85, SD=6 dibandingkan M=70, SD=10; p < 0.05). Temuan ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran interaktif secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Integrasi metode ini dalam kurikulum dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk eksplorasi lebih luas dan pengembangan alat yang lebih inovatif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Konsep Sistem Saraf. … J. Ilm. Ilmu …. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1534691%5C&val=4331%5C&title=PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY AR BERBASIS ANDROID PADA KONSEP SISTEM SARAF

Damayanti, D., & Nuzuli, A. K. (2023). Evaluasi efektivitas penggunaan teknologi komunikasi dalam pengajaran metode pendidikan tradisional di sekolah dasar. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 208–219.

Dr. Ir. Anthony Anggrawan, M.T., P. D., Marlina, M.Pd., Elyakim, Nova Supriyedi Patty, S.Si., M.Pd., Irhas, M.Pd., Muti’ah, M.Pd., Abdul Rahim, S.Pd., M.Pd., Bidari Andaru Widhi, S. S., M. Pd., & Yuliana Sesi Bitu, M. P. (2023). Teori Belajar dan Pembelajaran (M. P. Agustina Purnami Setiawi, S.Pd. (ed.); 1st ed.). PT Rajawali Media Utama.

Fauziah, R., & Hadi, M. S. (2023). Analisis Efektivitas dan Manfaat Quizizz Paper Mode dalam Pembelajaran Interaktif di Kelas III SDN Singabraja 02. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2721–2730.

Jenita, J., Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, H., Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi Dalam Menunjang Pembelajaran: Pelatihan Interaktif Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13121–13129.

Johnson, D. W. (2016). "Interactive Learning: Engagement and Outcomes in Education". Educational Psychology Review, 28(4), 643-661.

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741.

Melati, E., Kurniawan, M., Marlina, M., Santosa, S., Zahra, R., & Purnama, Y. (2023). Pengaruh Metode Pengajaran Berbasis Teknologi Terhadap Kemampuan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Menengah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 14–20.

Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Ismawati, F. (2022). Penerapan metode pembelajaran blended learning dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1), 20–29.

Smith, L. J. (2018). "The Impact of Interactive Learning on Student Achievement". Journal of Educational Technology, 12(3), 75-89

Patty, E. N. S., Anggrawan, A., Satria, C., Wardhana, H., Susilowati, D., Iriyani, S. A., & Rahim, A. (2023). Edukasi Pentingnya Pendidikan bagi Anak di Dusun Salut Kendal. 4(1), 173–180. https://doi.org/10.30812/adma.v4i1.3024

Permata, D., Santoso, G., Guntur, M., & others. (2024). Peningkatan Pemahaman Nilai Tempat pada Siswa Kelas 3 Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Interaktif. Jurnal Pendidikan Transformatif, 3(1), 35–52.

Welly, P., Syam, H., & Tifani, S. (2024). PENTINGNYA GAYA MENGAJAR GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP N 2 PAYAKUMBUH. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 2(1), 221–227.

Yuliani, W., & Supriatna, E. (2023). Metode Penelitian Bagi Pemula. Penerbit Widina.

Yusuf, M., Julianingsih, D., Ramadhani, T., & others. (2023). Transformasi pendidikan digital 5.0 melalui integrasi inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 11–19.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.14697

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.