PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS

Indah Resti Ayuni Suri, Mujib Mujib, Selva Larissa

Sari


Kemampuan berpikir kritis matematis sangat penting bagi peserta didik karena dengan keterampilan ini peserta didik dapat bersikap rasional dalam memilih berbagai alternatif pilihan yang terbaik yang harus dilakukan untuk mengambil keputusan. Kemampuan berpikir kritis matematis adalah suatu proses berpikir untuk meyelesaikan suatu masalah dimana suatu masalah harus dianalisis, diidentifikasi, dikaitkan dengan konsep lain, selanjutnya dievaluasi sebelum dibuat suatu kesimpulan untuk penyelesaian masalah yang dihadapi. Instrumen Penelitian adalah tes untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis dan angket untuk mengetahui disposisi matematis peserta didik.. Tujuan Penelitian Mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, mengetahui pengaruh antara peserta didik dengan disposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, mengetahui interaksi antara model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan disposisi matematis peserta didik terhadap kemampuan berpikir kritis matematis.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Experimental. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 12 Kotabumi. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang dipilih dengan teknik acak kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis menggunakan anova dua arah sel tak sama, dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil uji anova dua arah sel tak sama diperoleh kesimpulan: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, (2) tidak terdapat pengaruh antara peserta didik dengan disposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan disposisi matematis peserta didik terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Kata Kunci: Disposisi Matematis, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggoro, B. S., & Suri, I. R. A. (2018). Pengaruh Pendekatan Mastery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis dan Self Confidence Peserta Didik Kelas VII SMPN 24 Bandar Lampung. 1, 9.

Hidayati, I. S. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP). 9.

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2019). Model-Model Pembelajaran Matematika (cetakan kedua). Bumi Aksara.

Lestari, Y., & Mujib, M. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis melalui Model Education Coins of Mathematics Competition (E-COC). 10.

Miliyawati, B., & Rahmah, M. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). 1(1), 8.

Muhsin, M., Husna, H., & Putri Raisah. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Numeracy, 7(1), 95–108.

Mujib, M. (2019). Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Teori Bloom Ditinjau Dari Kecerdasan Multiple Intelligences. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 87–103.

Prafianti, R. A. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Disposisi Matematis Siswa. VYGOTSKY, 1(1), 36.

Rahim, U., & Samparadja, H. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 8, 14.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (cetakan ke-1). Alfabeta.

Yuliyanti, R. S., Masykur, R., & Suri, I. R. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis: Dampak Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Bernuansa Islami. Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 23–29.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.14820

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.