IMPLEMENTASI MODEL BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI

Dominggus Lero Bili, Fransiskus Ghunu Bili, Maria Marlince Tanggu Dedo

Sari


Perkembangan sosial emosional anak adalah bentuk interaksi yang mulai dibangun dari orang tua, teman sebaya, guru dan masyarakat yang ada di sekitar anak untuk beradaptasi dalam kehidupannya. Namun perkembangan tersebut membutuhkan perhatian khusus, karena tidak semua orang yang ada di sekitar anak memahami dan menyadari perkembangan anak. Sebab tingkat pendidikan orang yang ada di lingkungan sekitar anak tidak sama, sehingga anak-anak pada usia emas mengalami perkembangan yang sulit diatur karena kurangnya perhatian dari oang tua dan keluarga yang ada di sekitar anak. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak model Beyond Center and Circle Time (BCCT) untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak. Sebab anak adalah karunia Tuhan yang harus dijaga dan dirawat dengan baik oleh orang tua, keluarga, dan pendidik. Subjek penelitian sebanyak 12 anak TK B St. Mathilda. Model yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui pedoman observasi yang diisi oleh observer (guru) dan dianalisis secara deskriptif. Kriteria pencapaian pada penelitian ini berada pada kategori Perkembangan Sangat Baik (BSB). Hal ini terlihat hasil analisis data terdapat tujuh (7) anak yang berada pada kategoti berkembang sangat baik (BSB), empat (4) anak berada pada kategori Berkembang Sesuai harapan (BSH). Dan ada satu (1) anak yang berada pada kategori Belum Berkembangan (BB) anak yang belum berkembang tidak ikut dalam penelitian. Artinya implementasi model BCCT dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Studi ini berimplikasi pada perkembangan anak seperti anak mengendalikan diri, mengenali perasaan, bertanggung jawab, mandiri, menaati aturan, bermain bersama, berbagi, peduli, empati, dan mengenali emosi diri dan orang lain

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depdiknas. (2006). Pedoman Penerapan Pendekatan Beyond Center Circle Time (BCCT). Pendekatan Sentra dan Lingkaran dalam Pendidikan anak Usia Dini.

Diana dan Mutiah (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Fitriani, S. 2011. Peningkatan Aktivitas dan Keterampilan Sosial Melalui Pembelajaran BCCT di RA Ungaran Semarang. Tesis Semarang: UNES

Goleman, D. (1997). Emotional intelligence: kecerdasan emosional. (Terjemahan Hermaya, T). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan anak. (Terjemahan Meitasari Tjandrasa & Muslichah Zarkasi). Jakarta: Penerbit Erlangga. (Edisi asli diterbitkan oleh McGraw-Hill, Inc).

Jahja, Y. (2011). Psikologi perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

King, L. A. (2013). Psikologi umum. Jilid 1 (terjemahan). Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Kurniasih1, N., Ariesmansyah, A., Arningsih, N. F., Komarudin, D. N. (2022). Penerapan Metode Belajar Beyond Center and Circles Time dalam Pengembangan Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Journal of Multidisciplinary Research (FJMR) Vol.1, No.4, 2022: 905-918. 10.55927/fjmr.v1i4.946.

Lestarini, Y., Marhaeni, A.A.I.N., dan Suastra W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Beyond Centers and Circle Time (BCCT) Untuk Meningkatkan Minat dan Aktivitas Belajar Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan. Volume 3.

Mutiah dan Diana. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Nasution, N. K. (2019). Perkembangan Anak Usia Dini (AUD) di TK Aisyiyah: Problematika dan Solusi. Jurnal Perkembangan Anak. Vol.15 No.2. https://doi.org/10.20414/jpk.v15i2.1425.

Nuryani dan Lili. (2012). Implementasi Model Pembelajaran BCCT di Kelompok B PAUD Ganesa Bandung, Tesis. Bandung: UPI.

Palupi, E. (2009). Metode Pembelajaran BCCT, dalam http://jurnaljpi.wordpress.co m diunduh tanggal 16 Maret 2024.

Rakhmalia, m. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Sentra dan Lingkaran dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa di Pos PAUD Terpadu. Jurnal Program Studi PGMI 1(1). 10.2345/jm.v1i1.719.

Rasyid, H., Mansyur,& Suratno. (2012). Assemen perkembangan anak usia dini. yogyakarta: Gama Media.

Samad, F. dan Alhadad, B. (2016). Implementasi Metode Beyond Center and Circle Time (BCCT) dalam Upaya Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Di Kelompok B Taman Kanak- Kanak Khalifah Kota Ternate. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 10 Edisi 2, November 2016. https://doi.org/10.21009/JPUD.102.03.

Widiastuti, A., Pusari, R. W., Diyah, D. P., (2019). Analisis Metode Pembelajaran Beyond Center and Circle Time (Bcct) terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 8 Nomor 1, Juli 2019: Hal 110-117.10.26877/PAUDIA.V8I1.3886.

Yusuf, S. LN. (2006). Psikologi perkembangan anak & remaja. PT Remaja Rosdayakarya.

Rafidiyah, D. dan Normulati, S. (2020). Obstacles and Solution of Beyond Centers and Circle Time (BCCT) Implementation. Volume 9. No 1. https://doi.org/10.15294/ijeces.v9i1.38559

Lisa Mahfuziah, Metroyadi Metroyadi (2023). Developing Social Emotional Using BCCT Model, Role Playing, and Natural Material Media in Group B. Vol 3, No 1 (2023).https://doi.org/10.20527/e-chief.v3i1.8626.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.14882

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.