IMPLEMENTASI MODEL BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Depdiknas. (2006). Pedoman Penerapan Pendekatan Beyond Center Circle Time (BCCT). Pendekatan Sentra dan Lingkaran dalam Pendidikan anak Usia Dini.
Diana dan Mutiah (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Fitriani, S. 2011. Peningkatan Aktivitas dan Keterampilan Sosial Melalui Pembelajaran BCCT di RA Ungaran Semarang. Tesis Semarang: UNES
Goleman, D. (1997). Emotional intelligence: kecerdasan emosional. (Terjemahan Hermaya, T). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan anak. (Terjemahan Meitasari Tjandrasa & Muslichah Zarkasi). Jakarta: Penerbit Erlangga. (Edisi asli diterbitkan oleh McGraw-Hill, Inc).
Jahja, Y. (2011). Psikologi perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
King, L. A. (2013). Psikologi umum. Jilid 1 (terjemahan). Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.
Kurniasih1, N., Ariesmansyah, A., Arningsih, N. F., Komarudin, D. N. (2022). Penerapan Metode Belajar Beyond Center and Circles Time dalam Pengembangan Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Journal of Multidisciplinary Research (FJMR) Vol.1, No.4, 2022: 905-918. 10.55927/fjmr.v1i4.946.
Lestarini, Y., Marhaeni, A.A.I.N., dan Suastra W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Beyond Centers and Circle Time (BCCT) Untuk Meningkatkan Minat dan Aktivitas Belajar Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan. Volume 3.
Mutiah dan Diana. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Nasution, N. K. (2019). Perkembangan Anak Usia Dini (AUD) di TK Aisyiyah: Problematika dan Solusi. Jurnal Perkembangan Anak. Vol.15 No.2. https://doi.org/10.20414/jpk.v15i2.1425.
Nuryani dan Lili. (2012). Implementasi Model Pembelajaran BCCT di Kelompok B PAUD Ganesa Bandung, Tesis. Bandung: UPI.
Palupi, E. (2009). Metode Pembelajaran BCCT, dalam http://jurnaljpi.wordpress.co m diunduh tanggal 16 Maret 2024.
Rakhmalia, m. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Sentra dan Lingkaran dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa di Pos PAUD Terpadu. Jurnal Program Studi PGMI 1(1). 10.2345/jm.v1i1.719.
Rasyid, H., Mansyur,& Suratno. (2012). Assemen perkembangan anak usia dini. yogyakarta: Gama Media.
Samad, F. dan Alhadad, B. (2016). Implementasi Metode Beyond Center and Circle Time (BCCT) dalam Upaya Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Di Kelompok B Taman Kanak- Kanak Khalifah Kota Ternate. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 10 Edisi 2, November 2016. https://doi.org/10.21009/JPUD.102.03.
Widiastuti, A., Pusari, R. W., Diyah, D. P., (2019). Analisis Metode Pembelajaran Beyond Center and Circle Time (Bcct) terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 8 Nomor 1, Juli 2019: Hal 110-117.10.26877/PAUDIA.V8I1.3886.
Yusuf, S. LN. (2006). Psikologi perkembangan anak & remaja. PT Remaja Rosdayakarya.
Rafidiyah, D. dan Normulati, S. (2020). Obstacles and Solution of Beyond Centers and Circle Time (BCCT) Implementation. Volume 9. No 1. https://doi.org/10.15294/ijeces.v9i1.38559
Lisa Mahfuziah, Metroyadi Metroyadi (2023). Developing Social Emotional Using BCCT Model, Role Playing, and Natural Material Media in Group B. Vol 3, No 1 (2023).https://doi.org/10.20527/e-chief.v3i1.8626.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.14882
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.